Satu Islam Untuk Semua

Friday, 04 September 2020

Penyanyi Amerika Jennifer Grout Menyanyikan Syair tentang Keutamaan Ahlul Bait


islamindonesia.id – Penyanyi Amerika Jennifer Grout Menyanyikan Syair tentang Keutamaan Ahlul Bait

Pada tahun 2013, melalui acara Arabs Got Talent yang disiarkan oleh stasiun TV Lebanon, dunia Arab digemparkan oleh kehadiran wanita muda asal Amerika Serikat yang turut berpartisipasi dalam acara tersebut, waktu itu usianya masih 23 tahun.

Dalam ajang pencarian bakat tersebut, kendati tidak menjadi pemenang, namun dia lolos sampai tahap final dan berhasil membuat publik dan juri terkesan karena kefasihannya bernyanyi dalam lirik berbahasa Arab.

Dia adalah Jennifer Grout, seorang penyanyi dari negeri Paman Sam. Jennifer Grout merupakan lulusan Sekolah Musik Longy di Bard College yang kemudian melanjutkan kuliahya di Universitas McGill di Kanada. Dia adalah putri seorang pianis dan pemain biola dan mulai belajar musik pada usia 5 tahun.

Video Jennifer Grout dalam acara Arabs Got Talent:

Setelah lulus dari kuliahnya, dia melakukan perjalanan liburan musim panas ke Maroko pada tahun 2012. Di sana dia mendapatkan pengalaman tentang kemurahan hati dan keramahan orang-orang Maroko.

Dia mengatakan bahwa ketika mendengarkan masjid-masjid di Maroko saling bersahutan menyerukan azan membuatnya terkesima. Jennifer menambahkan bahwa semua faktor inilah yang akhirnya membuat dia ingin melakukan studi Islam secara mendalam.

Jennifer kemudian masuk Islam di Maroko pada tahun 2013, namun dia baru mengumumkannya secara terbuka pada tahun 2014, yang mana membuat keluarga dan teman-temannya gempar. Jennifer waktu itu mengaku begitu ketakutan atas reaksi dari orang-orang kepada dirinya.

Meski demikian dia berkata, “Saya tidak malu dengan apa yang saya yakini,” demikian sebagaimana dilansir dari Morocco World News.

Belum lama ini, dalam akun Twitter dan Facebook-nya (29/8), dalam sebuah video yang viral Jennifer menyanyikan syair tentang keutamaan Ahlul Bait, sebuah Kasidah yang menurutnya berasal dari Maroko.

In honor of the holy day of Ashura I want to share this beautiful Moroccan Qasida called, “Inna Fil Jannati Nahran min…

Dikirim oleh ‎Jennifer Grout جينيفر جراوت‎ pada Sabtu, 29 Agustus 2020

Dalam keterangannya Jennifer berkata,  “Untuk menghormati hari suci Asyura, saya ingin berbagi Kasidah Maroko yang indah yang berjudul, ‘Inna Fil Jannati Nahran min Laban.’

“Asyura (10 Muharram) istimewa karena dua alasan, yang pertama karena Musa (AS) diyakini telah berpuasa pada hari itu. Alasan kedua adalah bahwa Husain, cucu Nabi Muhammad (SAW) menjadi syuhada pada hari ini dalam pertempuran tragis Karbala.

“Semoga Allah menerima semua ibadah kita pada hari ini, Amiiin.”

Jennifer kini telah menikah dengan seorang pria asal Maroko dan memiliki putri darinya. Dalam kesehariannya dia mempraktikan kehidupan sebagai seorang Muslim dan sebagai musisi yang khusus mendalami musik Andalusi, Amazigh, dan Arab.

Umum di Indonesia

Syair Inna Fil Jannati Nahran min Laban juga ternyata umum disenandungkan dalam banyak acara keagamaan di Indonesia. Di antara tokoh-tokoh ulama yang diketahui pernah menyanyikan syair ini di antaranya Abah Guru Sekumpul (Banjarmasin), Abah Guru Zuhdi (Banjarmasin), Habib Bidin Assegaf (Semarang), dan masih banyak lagi. Penyanyi religi Haddad Alwi juga pernah menyanyikannya.

Bukan hanya di Indonesia, ulama besar kenamaan asal Yaman, Habib Umar bin Hafidz juga dalam sebuah video terlihat menyenandungkan lirik ini:

Beberapa meyakini bahwa lirik ini berasal dari Malaikat Jibril untuk Husein, sebagaimana dikatakan saluran YouTube video alhabibmunzir, “Sepenggal Syair ini adalah senandung Malaikat Jibril Alaihissalam ketika mengayun-ayun buaian Sayyidina Al-Imam Al-Husein Rodiyallohu Anhu untuk menidurkan beliau.

“Senandung malaikat Jibril ini didengar dan disaksikan oleh Sayyidah Fathimah Azzahro’ AlBatul Rodliyallohu Anha yang sedang membuat roti.”

Lirik dan arti Inna Fil Jannati Nahran min Laban dapat dilihat di bawah ini:

Sumber foto: Haidar Bagir/Twitter

PH/IslamIndonesia/Foto utama: Jennifer Grout/FB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *