Satu Islam Untuk Semua

Monday, 10 March 2014

Penulis Komik The Muslim Show Ramaikan IBF


Greg Blondin (kiri), Noredine Allam (tengah), dan Karim Allam (kanan).

Kehadiran para penulis Komik The Muslim Show, Noredine Allam, Greg Blondin, dan Karim Allam di Main Stage Islamic Book Fair (IBF) 2014, Istora Senayan pada Minggu, (9/03) sontak membuat ramai suasana panggung.

Para penulis yang sengaja didatangkan Penerbit Mizan dari negeri asalnya, Prancis ini untuk mengisi peluncuran komik karya mereka yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, dengan judul Ramadhan Ala Muslim Show dan Hidup Bertetangga Ala Muslim Show, yang juga masuk dalam rangka Festival Mizan 2014.

Menurut pantauan Islam Indonesia, ratusan pengunjung memadati panggung utama. Sebagian mereka mengaku sengaja datang ke IBF hanya untuk bertemu dan mengetahui lebih jauh tentang kehidupan idolanya tersebut.

Dalam acara yang dimulai sejak pukul 15.30 hingga 16.30 itu, Noredine melalui penerjemahnya, Vina menjelaskan tentang apa itu Muslim Show, “Komik yang menggambarkan kehidupan para Muslim di Prancis, bagaimana kebiasaan mereka, bagaimana sikap mereka sebagai penganut agama minoritas, bagaimana kehidupan sehari-hari mereka, yang dikemas dengan humor.”

Mereka juga mengatakan, alasan utama pembuatan komik dengan ide seperti itu karena, di Prancis banyak sekali komik, namun belum ada satu pun komik yang mengangkat tema kehidupan Muslim.

Sementara itu, tantangan terberat yang dihadapi para penulis ini ada dua, “Pertama, dalam membuat komik tentang Muslim, dibutuhkan waktu yang cukup lama. Kami harus mengikuti pelatihan, workhsop, dsb, tentang ke-Islaman terlebih dulu. Kedua, dalam meluncurkan ide tentang kehidupan masyarakat Islam ini ada yang pro dan ada yang kontra. Dan tantangannya adalah ada beberapa orang tidak setuju dengan ide cerita ini.”

Ketika acara hendak ditutup, Noredine mengatakan, “Indonesia cukup ramah, terima kasih atas sambutannya yang cukup meriah.” Ucapan ini mengundang tepuk tangan kegembiraan dari para pengunjung.

Selain itu, Greg juga menutup perjumpaan itu dengan demo ilustrasi gambar komiknya, dengan penambahan kata. ‘Assalamualaikum, Indonesia’ di atas gambar tersebut. Hal ini pula sontak mengundang gelak tawa dan aplause para pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *