Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 18 June 2015

Pengadilan Mesir Hukum Mati Syekh Al-Qaradawi


Qardawi

Pengadilan Mesir pada Selasa 16/06/15 memberikan hukum mati secara in absensia kepada ulama senior dan kaliber dunia Syekh Yusuf Al-Qaradawi. Putusan kontroversial itu menambah panjang daftar terpidana mati dari para pendukung rezim Ikhwanul Muslimin yang berkuasa sejak 30 Juni 2012 hingga 3 Juli 2013.

Hukuman mati terhadap Syekh Yusuf Al-Qaradawi itu ditetapkan terkait dugaan keterlibatannya dalam peristiwa pelarian massal narapidana dari sebuah penjara Mesir yang terjadi tahun 2011. Kasus yang sama juga melibatkan tidak kurang dari 80 petinggi Ikhwanul Muslimin lain, termasuk mantan Presiden Muhammad Morsi.

Syekh Yusuf Al-Qaradawi sendiri adalah ulama yang telah melahirkan banyak buku monumental dalam bidang fikih, pergerakan, tafsir, dan berbagai ilmu Islam lain. Ketua Persatuan Internasional Ulama Muslim Dunia yang lahir pada 9 September 1926 ini juga dikenal luas melalui program rutinnya di televisi Aljazeera milik kerajaan Qatar.

Sejak menetap di Qatar, Al-Qaradawi merintis berbagai lembaga Islam dunia termasuk Bank Pembangunan Islam dan universitas Islam terkemuka yang semuanya bertempat di ibukota Doha.

(MH/IslamIndonesia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *