Satu Islam Untuk Semua

Monday, 17 December 2018

Penelitian: Nilai Religius dan Integritas Moral Faktor Signifikan Cegah Korupsi


islamindonesia.id – Penelitian: Nilai Religius dan Integritas Moral Faktor Signifikan Cegah Korupsi

 

Dosen Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Zahrotun Nihayah, menyampaikan hasil penelitian seputar gerakan pencegahan korupsi di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag). Dalam penelitian itu, dia memberikan beberapa variabel mengenai penyebab orang enggan korupsi.

“Yang cukup signifikan moral integrity, dibagi menjadi emosi moral, kalau korupsi ‘malu ih, jangan deh’. Ini sangat tinggi,” ucap Zahro di Oasis Amir Hotel, Jakarta.

Poin lainnya yang bisa mencegah orang untuk tidak korupsi yakni nilai religius. “Religius ini (juga) sangat signifikan,” kata dia.

Zahro melanjutkan, variabel lain dalam penelitian terkait anti korupsi yakni perilaku hidup sederhana atau mewah. Perilaku ini, kata dia, bisa saja membuat seseorang bertindak koruptif atau bahkan tidak sama sekali.

Terakhir, perilaku seseorang melakukan tindakan korupsi juga tergantung dari budaya organisasi di tempat kerjanya. “Karena pembiaran korupsi ini muncul dari budaya (organisasi) itu,” ucap dia.

Di hadapan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag, Zahro mengaku sempat mengalami kesulitan memperoleh data.

“Akhirnya kami ganti menjadi anti korupsi. Karena anggapannya kalau anti itu positif dan korupsi itu negatif,” pungkasnya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *