Satu Islam Untuk Semua

Friday, 29 March 2019

Pendiri Masjid Kubah Emas Depok Dian Al Mahri Meninggal Dunia


islamindonesia.id – Pendiri Masjid Kubah Emas Depok Dian Al Mahri Meninggal Dunia

Pendiri Masjid Kubah Emas Depok, Dian Djuriah Rais binti Muhammad Rais atau yang biasa disapa Dian Al Mahri, meninggal dunia pada Jumat dini hari, Jumat (29/3/2019).

Pengusaha asal Banten mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta.

“Ya benar, beliau sudah berpulang. tadi sekitar pukul 2.15 WIB di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta,” kata salah seorang Pengurus Masjid Dian Al Mahri, Eko Sutarno.

Eko mengatakan almarhumah sedang disemayamkan di kediamannya di Jalan Masjid Al Ikhlas, Petukangan Selatan, Jakarta Selatan.

Rencananya, jenazah akan disalatkan setelah ibadah salat Jumat. “Insya Allah akan dimakamkan di Masjid Kubah Mas Depok setelah salat Jumat,” kata dia.

Sekadar informasi, Dian Al Mahri ini mempunyai masjid yang kubahnya berlapis emas. Masjid itu punya lima kubah, yaitu 1 kubah utama, dan 4 kubah kecil. Uniknya, semua kubah berlapis emas setebal 2-3 milimeter dan mozaik kristal.

Bentuk kubah utama menyerupai kubah Taj Mahal. Kubah itu berdiameter bawah 16 meter, diameter tengah 20 meter, dan tinggi 25 meter.

Sementara 4 kubah kecil memiliki diameter bawah 6 meter, tengah 7 meter, dan tinggi 8 meter. Selain itu di dalam masjid ini terdapat lampu gantung yang didatangkan langsung dari Italia seberat 8 ton.

Masjid ini mulai dibangun pada tahun 1999 dan diresmikan pada April 2002. Luasnya mencapai 8.000 meter persegi dan luasnya sampai 70 hektar. Arsitektur masjid mengikuti gaya Timur Tengah.

Itulah sekilas tentang Masjid Kubah Emas yang selama ini dikenal tak ubahnya ikon bagi kota Depok. Semoga almarhumah selaku penggagas berdirinya masjid yang juga menjadi salah satu kebanggaan Indonesia itu kembali ke hadirat Allah dalam keadaan husnul khatimah.

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *