Satu Islam Untuk Semua

Monday, 07 September 2015

Pemimpin Muslim Ditembak Mati di Thailand Selatan


image

Seorang pemimpin Muslim Thailand Selatan, yang sebelumnya sempat selamat dari sebuah serangan, tewas ditembak Sabtu di Provinsi Pattani, kata media lokal.

Dormeng Benjaewan (76), imam Masjid Payonok di kabupaten Saiburi, ditembak beberapa kali oleh seorang pengendara sepeda motor di depan toko makanan. Ia meninggal dunia tak lama setelah dilarikan ke rumah sakit, akibat luka-luka di kepala dan tubuhnya, Bangkok Post melaporkan.

Benjaewan sangat dihormati oleh penduduk lokal dan beberapa kali  bekerja sama dengan pemerintah Thailand untuk menyelesaikan kerusuhan berkepanjangan di provinsi yang 80 persen penduduknya beretnis Melayu Muslim itu.

Beberapa imam telah tewas dalam konflik ketika kelompok oposisi menentang kebijakan Pemerintah Pusat Thailand dan menuntut pemisahan diri atau otonomi politik.

Salah satu kasus paling menonjol adalah penembakan Imam Yacob Raimanee, pimpinan Masjid Pusat Pattani,yang merupakan rumah ibadah utama umat Islam di kawasan selatan Thailand. Ia dieksekusi oleh empat orang yang mengendarai dua motor ketika bepergian bersama keluarganya di kota Pattani, pada bulan Agustus tahun 2013.

Para pihak yang disinyalir merencanakan pembunuhan Raimanee, sampai saat ini belum diidentifikasi. Padahal mereka adalah tokoh kunci yang memperlambat penyelesaian ketegangan antara gerilyawan selatan dan pemerintah.

SB/almanar/islamindonesia.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *