Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 24 June 2017

Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Fitri Jatuh pada 25 Juni


islamindonesia.id – Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Fitri Jatuh Pada 25 Juni

 

Melalui Jumpa Pers Sidang Isbat Awal Syawal 1438 H, yang di pimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Saefuddin  di Kantor Kementerian Agama Jalan M.H. Thamrin No. 6 Jakarta, Sabtu (24/6).

Menurut Tim Hisab Kemenag kepada Menag dan sejumlah duta besar negara Islam serta pimpinan ormas Islam menyampaikan posisi hilal menjelang awal Syawal. Posisi hilal pada saat matahari terbenam Sabtu, 24 Juni 2017M/29 Ramadhan 1438H tinggi hilal berada di 3,88 derajat. Jarak busur Bulan dari Matahari 5,06 derajat, umur hilal 8 jam 15 menit 24 detik, dan FraksIlluminasi hilal 0,29 persen seperti dilansir kemenag.co.id

Dengan demikian, 1 Syawal 1438 H, jatuh pada 25 Juni besok. Turut hadir dalam jumpa pers tersebut Ketua MUI KH, Ma’ruf Amin, Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher, dan Plt. Dirjen Bimas Islam Kamaruddin.

Pada kesempatan itu, Ketua MUI  KH Ma’ruf Amin menyampaikan pesan bahwa umat islam seharusnya satu sama lain saling menopang. Karena itu, satu Syawal sebaiknya dijadikan sebagai momentum untuk membangun bangsa yang utuh dan bersatu setelah setahun renggang akibat politik dan lain-lain.

 

YS/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *