Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 10 April 2021

Pemerintah Taiwan akan Menggelar Pameran Budaya Islam Nasional


islamindonesia.id – Pemerintah Taiwan akan Menggelar Pameran Budaya Islam Nasional

Pemerintah Taiwan akan menyelenggarakan acara Pameran Budaya Islam di National Dr. Sun Yat-sen Memorial Hall di Taipei tahun ini pada 9-18 April untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Taiwan tentang budaya Islam.

Hal itu disampaikan dalam keterangan tertulis dari kantor dagang dan ekonomi Taiwan (TETO) di Jakarta pada Jumat, demikian sebagaimana dilaporkan dari Antara News.

Acara pameran budaya Islam itu diselenggarakan secara bersama oleh Departemen Luar Negeri Taiwan, Chinese Muslim Association, National Dr. Sun Yat-sen Memorial Hall, serta lembaga-lembaga perwakilan dari Indonesia dan beberapa negara lain.

Terdapat empat tema utama pameran tersebut, yaitu kaligrafi Arab, artefak Islam, arsitektur Islam (masjid-masjid terkenal), dan Islam di Taiwan.

Dalam pameran tersebut juga akan ada kegiatan pengalaman budaya Islam yang diadakan di luar ruangan National Dr. Sun Yat-sen Memorial Hall dari 17 sampai 18 April.

Selama penyelenggaraan pameran budaya Islam itu, masyarakat di Taiwan dapat menyaksikan langsung pertunjukan kaligrafi Arab, serta menikmati buka puasa dan bersama-sama dengan mencicipi jajanan halal setelah maghrib.

Di Taiwan, terdapat lebih dari 200.000 warga asing Muslim yang datang ke Taiwan karena berbagai faktor, seperti pernikahan, pekerjaan, dan pendidikan; dan juga terdapat sekitar 50.000 warga Muslim Taiwan.

Budaya Muslim dan budaya Taiwan telah lama terintegrasi dengan erat. Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Taiwan, hotel besar, restoran, dan tempat wisata juga aktif menjadikan Taiwan sebagai lingkungan yang ramah bagi pelancong Muslim.

Taiwan juga menduduki peringkat ketiga dalam Indeks Perjalanan Muslim Global (GMTI). Banyak institusi medis di Taiwan telah memperoleh sertifikasi “lingkungan ramah Muslim”.

Selain itu, banyak rumah sakit telah merancang berbagai pilihan makanan halal dan memberikan berbagai pendidikan dan pelatihan untuk membantu staf medis Taiwan memahami budaya Muslim dan meningkatkan kualitas pelayanan perawatan medis pasien Muslim.

Kebebasan beragama dan toleransi terhadap keberagaman adalah salah satu ciri masyarakat Taiwan.

Berkenaan dengan keberlangsungan acara dan juga kendala pandemi, sejauh ini Taiwan dianggap cukup berhasil dalam memerangi pandemi COVID-19 dan telah diakui oleh dunia. Hingga 7 April tahun ini, total kasus COVID-19 yang terkonfirmasi di Taiwan adalah 1.050 orang, dengan jumlah korban jiwa hanya 10 orang.

PH/IslamIndonesia/Foto utama: Taiwan Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *