Satu Islam Untuk Semua

Monday, 11 June 2012

Pemain Tertinggi dan Terpendek Euro 2012


JAKARTA — Tidak dapat dipungkiri jika postur tubuh pemain sepakbola terkadang dapat berperan penting dalam permainan sebuah tim. Bagi yang berpostur tinggi, tentu akan lebih diuntungkan jika melakukan duel udara.

Sebaliknya, pemain berpostur pendek, terkadang memiliki pergerakan yang lebih lihai, baik dalam berlari maupun menggiring bola. Berikut adalah daftar pemain tertinggi dan terpendek dalam perhelatan Piala Eropa 2012 di Polandia dan Ukraina.

Berdasarkan data yang ada di laman resmi UEFA, pemain tertinggi dalam posisi striker dipegang oleh pemain Spanyol Fernando Llorente dengan tinggi 195 cm. Kedua diikuti dengan Zlatan Ibrahimovic (Swedia) dan Tomas Pekhart (Republik Ceska) yang sama-sama memiliki tinggi 194 cm. Sedangkan striker terpendek adalah Sebastian Giovinco (Italia) yang hanya memiliki tinggi 164 cm.

Pada posisi gelandang, pemain tertinggi ialah Alou Diarra (Prancis) dengan tinggi 190 cm. Sementara, pemain Yunani Giannis Fefatzidis sebagai yang terpendek hanya bertinggi 165 cm. Kalau dihitung secara keseluruhan, para pemain gelandang memiliki postur yang lebih pendek ketimbang posisi lain. Rata-ratanya adalah 179 cm. Sedangkan striker berkisar 183 cm.

Nah, kalau di barisan pertahanan. Postur tubuh pemain secara keseluruhan sedikit lebih tinggi rata-ratanya ketimbang pemain gelandang dan striker, yakni berjumlah 184 cm. Tertinggi dimiliki Per Mertesacker (Jerman) dengan 198 cm.

Namun, pemain terpendek di lini belakang dipegang oleh lima orang sekaligus yang sama-sama bertinggi 170 cm. Mereka adalah Jetro Willems (Belanda), Philip Lahm (Jerman), Jordi Alba (Spanyol), Martin Olsson (Swedia), dan Leighton Baines (Inggris).

Namun, yang paling mencengangkan adalah pada posisi kiper, karena hampir semuanya berpostur tinggi. Bahkan, Bento (Portugal) sebagai kiper terpendek memiliki tinggi 183 cm.  Sedangkan kiper terjangkung jatuh kepada Andreas Isaksson (Swedia) dengan tinggi 199 cm.

Dari data diatas, maka Issakson menjadi pemain terjangkung di turnamen ini. Dan yang terpendek adalah Giovinco.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *