Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 06 March 2018

Pelengkap Kebahagiaan 35 tahun Mizan: Penganugerahan Global Business & Interfaith Peace kepada Haidar Bagir


islamindonesia.id – Pelengkap Kebahagiaan 35 tahun Mizan: Penganugerahan Global Business & Interfaith Peace kepada Haidar Bagir
Seperti sebuah takdir yang baik, bersamaan dengan hari-hari di sekitar ulang tahun Mizan Group yang ke 35, Haidar Bagir, Direktur Utama Mizan diundang ke Seoul, Korea Selatan untuk mendapatkan penganugerahan Global Business & Interfaith Peace Award atas kiprahnya memberikan kontribusi terhadap pemahaman dan perdamaian antaragama di Indonesia.
Fokus utama dari acara Global Business & Peace Symposium and Awards ini adalah penyerahan Penghargaan Global Business & Interfaith Peace, yang diberikan kepada beberapa CEO di seluruh dunia atas promosi perdamaian yang mereka lakukan melalui pengetahuan dan tindakan lintas agama. Acara ini berlangsung di Seoul, Korea Selatan pada 7/8 Maret 2018 sehari sebelum pembukaan The PyeongChang 2018 Olympic and Paralympic Winter Games.
Nominasi terdiri dari para CEO di lebih dari 25 negara. Juri penghargaan ini terdiri dari perwakilan tingkat dunia, yaitu H. Nassir Abdulaziz Al-Nasser dari PBB, H.E. Ján Figeľ dari Uni Eropa, Dr. Katrina Lantos Swett dari LSM kebebasan beragama, Per L. Saxegaard dari komunitas bisnis & perdamaian, dan Dr. Sunggon Kim dari komunitas agama dan perdamaian. Ini merupakan acara penganugerahan yang kedua. Prakarsa untuk merintis perdamaian ini dimulai oleh RFBF dan merupakan kolaborasi dengan Global Compact Network Korea, United Nations Global Compact (UNGC) dan UN Alliance of Civilizations (UNAOC). Akan berbicara juga dalam event ini mantan Sekjen PBB, Ban Ki Moon.
Sepak Terjang Seorang Haidar Bagir
Haidar Bagir merupakan salah satu finalis dari enam belas orang yang menerima penghargaan ini. Ia dikenal dengan kontribusinya yang banyak memberikan pemahaman dan perdamaian antaragama di Indonesia dalam bermacam cara. Diantaranya yaitu:
(1) Mendirikan penerbit Mizan Group yang berperan dalam memperjuangkan pluralisme dan membentuk pemikiran Islam moderat dan progresif di Indonesia. Mizan Publika (Mizan Group) telah menerbitkan sekitar dua puluh ribu buku dari beragam genre, termasuk novel dan buku anak-anak. Mizan telah menerbitkan buku-buku yang ditulis oleh pemikir Islam dan ilmuwan agama lain dari berbagai aliran pemikiran untuk mengangkat dialog lintas agama.
(2) Menjadi pemimpin lebih dari empat puluh ilmuwan Muslim Indonesia untuk mengumumkan dukungan terhadap Gerakan Islam Cinta (GIC). Tujuan utamanya yaitu untuk membangkitkan dan memobilisasi Muslim moderat dalam menghadapi ancaman radikalisme dan intoleransi di Indonesia yang meningkat.
(3) Pendiri Yayasan Amal Khair Yasmin, yayasan filantropi di bidang pendidikan dan kesehatan khususnya masyarakat kurang mampu.
(4) Aktif menjadi anggota Charter for Compassion International dan menjalankan Indonesia Chapter untuk mendorong dan memperkuat nilai-nilai welas asih di seluruh masyarakat Indonesia selama 3 tahun terakhir.
(5) Menjabat sebagai penasihat Peace Generation Indonesia, sebuah organisasi yang berfokus untuk pendidikan perdamaian dan inisiatif terkait perdamaian.
Global Business & Interfaith Peace Award menjadi ajang bukti konsistensi Haidar Bagir dalam membawa pemahaman mengenai perdamaian antaragama di Indonesia. Khususnya dengan maraknya isu radikalisme dan intoleransi yang mewabah di Indonesia, kontribusi Haidar Bagir menjadi penawar yang menerangkan bahwa Islam adalah agama cinta, damai, dan kasih sayang.
Penghargaan Global Business & Interfaith Peace Award yang diperoleh Haidar Bagir selaku CEO menjadi sebuah pelengkap kebahagiaan Mizan Group atas prestasinya dalam berkontribusi selama 35 tahun.
AL/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *