Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 08 November 2016

PBNU: Tindak Pelaku Kericuhan dalam Aksi 4 November


islamindonesia.id — PBNU: Tindak Pelaku Kericuhan dalam Aksi 4 November

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj menyatakan dukungannya kepada Polri untuk menindak pelaku yang membuat ricuh unjuk rasa pada 4 November 2016. Namun demikian, pria yang akrab disapa Kang Said ini tidak yakin bahwa pelaku kericuhan itu dilakukan oleh para pengunjuk rasa damai.

“Adapun kericuhan yang ditimbulkan, kami tidak yakin itu dilakukan oleh para pengunjuk rasa damai. Kami justru menengarai dilakukan oleh kelompok yang ingin merusak pemurnian dan niat suci dari gerakan aksi damai 4 November tersebut,” kata Said usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kantor PBNU, Jakarta pada Senin.

Selanjutnya Said menyatakan bahwa PBNU mengapresiasi cara berunjuk rasa yang menunjukan demokrasi beradab dan niat tulus untuk mengingatkan etika kepemimpinan pejabat.

Dia mengingatkan agar pemimpin bangsa ini tidak boleh berujar kalimat yang kotor dan kontroversial sehingga melahirkan perpecahan di Indonesia.

“Sekarang saatnya bagi kita untuk memperkokoh tali ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah Wathoniyah secara Islam dan kebangsaan bahkan ukhuwah insaniyah bersama-sama,” kata Said.

Selain itu, Said juga meminta pemerintah untuk lebih sering melakukan dialog secara intensif dengan seluruh tokoh lintas agama sehingga tercipta suasana kondusif.

“Terakhir, menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu senantiasa membangun ukhuwah dalam memperkokoh ikatan kebangsaan kita,” ujar Said.

Jokowi telah menyambangi Kantor PBNU di Jalan Kramat Raya dan menyatakan apresiasinya atas upaya PBNU dalam mendamaikan unjuk rasa 4 November 2016.

Menurut Presiden, banyak hal yang dapat diselesaikan bersama antara pemerintah dengan PBNU baik yang berkaitan dengan masyarakat, ekonomi dan penangkalan radikalisme.

 

AJ / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *