Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 06 May 2021

PBNU: Hindari Risiko Penularan, Tidak Mudik Lebih Utama


islamindonesia.id – PBNU: Hindari Risiko Penularan, Tidak Mudik Lebih Utama

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Helmy Faishal Zaini meminta kepada seluruh masyarakat khususnya warga NU agar tak mudik jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H lantaran masih dalam situasi pandemi virus corona (Covid-19).

Helmy menyadari mudik sebagai media silaturahmi adalah sebuah tradisi yang baik. Namun, situasi pandemi Covid-19 tak memungkinkan untuk melakukan hal tersebut.

“Maka menghindar dari risiko penularan, dengan tidak melakukan mudik adalah lebih utama,” kata Helmy dalam keterangan resmi sebagaimana dikutip dari CNN, Kamis (6/5).

Helmy mengatakan silaturahmi masih bisa dilakukan dengan banyak cara lain di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya, silaturahmi dan halal bi halal secara virtual bisa menjadi pilihan.

“Silaturahmi bisa dilakukan dengan cara-cara yang sedapat mungkin meminimalisir kontak fisik. Silaturahim bisa dilakukan secara virtual,” ujarnya.

Lebih lanjut, Helmy menyebut lebaran secara virtual sama sekali tidak mengurangi nilai dan esensi silaturahmi.

“Sebab yang utama adalah menyambung rasa kasih sayang,” katanya.

Pemerintah resmi memberlakukan larangan mudik mulai hari ini, Kamis (6/5) sejak pukul 00.00 WIB. Melalui bantuan Polri pemerintah melakukan penyekatan seluruh jalur mudik di berbagai wilayah di Indonesia.

PH/IslamIndonesia/Foto utama: monitor.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *