Satu Islam Untuk Semua

Friday, 09 May 2014

PBNU Akan Luncurkan Ensiklopedia NU


foto: orange-juss.blogspot.com

Rencananya akan diluncurkan pertengahan Mei ini di Surabaya.

 

DALAM waktu dekat, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan meluncurkan buku Ensiklopedia NU. Rencananya peluncuran buku tersebut akan dilaksanakan pada pertengahan Mei di Surabaya Convention Center. Demikian berita yang dilansir oleh NU Online pada Jumat (9/5).

Menurut Ketua PBNU H Imam Aziz, buku sebanyak 4 jilid ini berisi dokumentasi sejarah NU, tokoh NU, para kiai, khazanah pesantren, dan peristiwa penting yang mengiringi dinamika perjalanan NU mulai dari perintisan pendiriannya hingga sekarang.

“Penulisan buku memakan waktu yang lama. Karena, perlu riset dan pengumpulan bahan yang tidak sedikit di samping mengecek akurasi data-data terkait validitasnya,” katanya.

Imam menegaskan bahwa bagi para warga nahdliyin, buku ini tentunya sangat penting dan harus dimiliki terutama oleh para pengurus NU. Hingga kini, pihak PBNU sendiri baru mencetak sebanyak 1000 eksemplar.

“Insha Allah dalam peluncurannya pada 16 Mei di Surabaya, buku Ensikolpedia NU sudah bisa hadir. Kita sudah berusaha keras sambil menambah kekurangan-kekurangan yang ada. Kita juga membuka masukan-masukan dari para pembaca nantinya,” kata Imam.

Banyak tantangan yang terjadi saat tim penulis melakukan riset dan pemburuan data-data. Selain memakan waktu lama, penulisan buku ini juga telah memakan pembiayan yang besar. Karena data-data mengenai NU banyak tersebar juga di luar negeri seperti di beberapa negara di Eropa.

 

Sumber: NU Online

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *