Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 17 December 2013

Paus Fransiskus: Perempuan dalam Gereja Harus Dihargai, Tapi…


Paus Fransiskus

Paus Fransiskus membantah kemungkinan dirinya mengangkat kardinal perempuan.

 

Paus Fransiskus membantah kemungkinan dirinya mengangkat kardinal perempuan. Demikian pernyataan pemimpin tertinggi umat Katholik dunia tersebut seperti dikutip oleh uca news pada Senin (16/12).

Dalam sebuah wawancara, wartawan harian Italia La Stampa, menanyakan tentang kemungkinan pengangkatan kardinal perempuan dan ia menjawab:“Saya tidak tahu dari mana ide ini muncul. Perempuan dalam Gereja harus dihargai, namun tidak masuk dalam jajaran klerus,” ujar Paus.

Dalam kesempatan tersebut, Paus juga menegaskan kritiknya atas masalah keadilan ekonomi. Sebelumnya ia mengkritik ekonomi global saat ini dalam  suatu seruan apostoliknya berjudul Evangelii Gaudium:
“Tidak ada dalam Eksortasi yang tidak dapat ditemukan dalam ajaran sosial Gereja. Saya tidak berbicara dari sudut pandang teknis, apa yang saya coba lakukan adalah untuk memberikan gambaran tentang apa yang nyata terjadi,”ujarnya.

Menurut tokoh Katholik asal Argentina itu, satu-satunya kutipan spesifik yang ia  kritik adalah  “teori pengutamaan keuntungan. Teori ini berpendapat bahwa suatu pertumbuhan ekonomi yang didorong oleh pasar bebas, pasti akan berhasil dalam mewujudkan keadilan sosial yang lebih besar dan inklusif.(hj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *