Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 27 October 2016

Pasukan Muslim Irak Kembalikan Salib ke Atas Gereja Pasca-Bebaskan Desa Kristen dari ISIS


pasukan-muslim-irak-kembalikan-salib-ke-atas-gereja-pasca-bebaskan-desa-kristen-dari-isis

islamindonesia.id – Pasukan Muslim Irak Kembalikan Salib ke atas Gereja Pasca-Bebaskan Desa Kristen dari ISIS

 

Kini warga Kristen seperti Desa Bartella – Irak dapat mendengar bunyi lonceng gereja mereka setelah pasukan gabungan Irak membebaskan wilayah itu dari kelompok teroris ISIS. Tidak hanya itu di Desa Kristen ‘Karamless’, pasukan Muslim Irak bahkan mengembalikan lambang ‘salib’ ke atas bangunan geraja yang pernah dijatuhkan oleh kelompok militan ISIS.

Setelah dua tahun diperlakukan diskriminatif oleh ISIS, warga Kristen Irak telah dapat merasakan kebebasan mengekspresikan keyakinan mereka. Pasukan Irak yang didukung oleh pasukan Kurdi Peshmerga ini juga telah menewaskan setidaknya 80 pasukan ISIS di Bartella dan mengusir sisanya dari daerah yang terletak 14 km dari Mosul.

Bartella dikenal sebagai wilayah tempat tinggal ribuan warga Kristen dimana kebanyakkan dari mereka mengungsikan diri setelah ISIS menduduki desa itu.

Menurut laporan dari pasukan Irak Hamadaniya, desa berpenduduk mayoritas Kristen lainnya, seperti Qarasqosh, juga telah dibebaskan dari ISIS. Desa ini terletak kira-kira 20 km tenggara Mosul yang merupakan kota terbesar kedua di Irak.

Sedemikian bersyukurnya, tokoh agama Kristen terlihat mencium kepala salah satu pasukan yang turut membuka geraja ini untuk digunakan kembali beribadah.

“Geraja kuno ini “dikotori” oleh para teroris yang saat ini telah dibersihkan,” kata Letnan Jendral Talib Shaghati, Komandan Operasi Gabungan Irak seperti dikutip muslimpress.com (26/10)

img-20161026-wa0002

Ia menjelaskan bahwa saat ini pasukannya sedang membersihkan desa ini dari sisa-sisa bahan ledak, ranjau dan barang berbahaya lainnya.

Seperti diketahui, ISIS menduduki Mosul pada Juni 2014 yang kemudian Abu Bakar Al Bagdadi mendeklarasikan khilafahnya dan menjadikan Mosul sebagai ibukota.

Sesuai rencana pemerintah Irak, kota ini akan direbut kembali dalam waktu beberapa bulan menyusul dimulainya operasi pembebasan Mosul minggu lalu. Ratusan pasukan ISIS, sejauh ini, dilaporkan tewas dalam operasi gabungan ini. []

 

 

YS / islam indonesia

0 responses to “Pasukan Muslim Irak Kembalikan Salib ke Atas Gereja Pasca-Bebaskan Desa Kristen dari ISIS”

  1. siahaan David Guntur says:

    Saya banyak membuka you tube dari seluru dunia termasuk perang di Timur tengah dan juga perkembangan Islam atau kemundurannya. Murut saya Agama adalah salah satu sarana untuk membina rohani untuk kedamaian dan kenyamanan hidup. Alangkah sadisnya perang di kawasan Arab yang notabena asla muasal agama Islam saling menghanguskan. Bukan lagi saling bunuh tapi sudah termasu bagian penghilangan golongan ( Genosida ) yang tidak sejalan dengan masing masing kelompok yang bersangkutan dengan agama tersebut. Indonesia Yang berazas Panca Sila sangatlah penting untuk sadar diri masing masing agar keutuhan NKRI tetap terjamin dan anak cucu ( generasi ) penerus dapat menikmati penghidupan yang damai. .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *