Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 21 June 2017

Pasca Putuskan Hubungan dengan Qatar, Saudi Kian Mesra dengan Israel  


islamindonesia.id – Pasca Putuskan Hubungan dengan Qatar, Saudi Kian Mesra dengan Israel

 

Pasca pemutusan hubungan diplomatik atas Qatar, Arab Saudi dan Israel semakin terang-terangan menunjukkan kerja sama erat di Timur Tengah. Kali ini, meski keduanya tidak punya hubungan diplomatik resmi, Arab Saudi dan Israel tengah membangun kerja sama ekonomi. Laporan dari the Times menyatakan, kerja sama ekonomi tersebut akan dimulai dari skala kecil, termasuk mengizinkan perusahaan Israel beroperasi di Teluk dan maskapai Negeri Bintang Daud El Al menyambangi wilayah udara Arab Saudi.

Sementara itu laman Haaretz melaporkan, Sabtu (17/6/2017), kabar itu juga semakin menguatkan dugaan bahwa hubungan kerja sama dengan Israel ini turut berperan dalam keputusan Saudi dan Liga Arab yang memutus hubungan dengan Qatar dan meminta negara itu menyetop sokongan kepada Hamas.

Di sisi lain, Palestina menentang kerja sama ini lantaran khawatir pemulihan hubungan Arab dan Israel akan mengabaikan pendirian negara Palestina.

Pada Mei lalu The Wall Street Journal melaporkan Saudi telah merampungkan proposal untuk mengajukan pemulihan hubungan diplomatik dengan Israel jika pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bersedia memberi sinyal positif terhadap perdamaian dengan Palestina, seperti menghentikan pembangunan pemukiman di Tepi Barat dan melonggarkan aturan perdagangan di Jalur Gaza.

Walhasil, babak baru kemesraan Saudi-Israel ini makin menunjukkan fakta dari apa yang selama ini sudah menjadi rahasia umum pula, bahwa meski Kerajaan Saudi mengklaim tidak pernah mengakui keberadaan Israel, ternyata justru keduanya selama ini diam-diam bekerja sama dalam berbagai bidang, tak terkecuali dalam hal berbagi informasi intelijen dan keamanan, khususnya terkait musuh bersama mereka di kawasan: Iran.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *