Satu Islam Untuk Semua

Monday, 20 January 2014

Oposisi Suriah Siap Berdamai


foto:alakhbrar.com

“Ini adalah keputusan terberat. Mayoritas mutlak memilih mendukung pergi ke Jenewa dan menjadi bagian dari sisi di meja perundingan,” kata juru bicara SNC Louay Safi

 

Koalisi Nasional Suriah (SNC) yang merupakan kelompok utama oposisi Suriah, mengungkapkan kesediannya hadir dalam perundingan perdamaian Jenewa II,. Keputusan tersebut terlontar setelah Sabtu (18/1), pihak SNC secara internal  melakukan pemungutan suara rahasia mengenai rencana keikutsertaannya itu.

Dalam pemunggutan suara tersebut,  dikatakan 58 dari 75 anggota SNC memilih untuk mendukung kehadiran kelompok itu pada pembicaraan perdamaian, 14 suara menentang, dua abstain dan satu suara kosong.

“Ini adalah keputusan terberat. Mayoritas mutlak memilih mendukung pergi ke Jenewa dan menjadi bagian dari sisi di meja perundingan,” kata juru bicara SNC Louay Safi pada konferensi pers di sebuah hotel sekitar 90 km sebelah barat kota pesisir Turki, Istanbul.

Safi menyatakan bahwa tiga kelompok pemberontak yang berperang di Suriah, Al-Sham Ajnad, tentara Al-Mujahidin, dan front revolusioner Suriah, telah sepakat  untuk menghadidiri konferensi Jenewa II.

“Kami sangat senang mendengar tentang dukungan mereka. Mereka pasti akan menjadi bagian dari perundingan dan mereka semua menghargai solusi politik,” kata Safi seperti dlansir oleh kantor berita Tiongkok, Xinhua.

Keikutsertaan SNC kemudian ditegaskan oleh pimpinan SNC Ahmad Al-Jarba. Ia  mengatakan pada konferensi pers bahwa  mulai hari ini  pihak oposisi memasuki fase lain dari revolusi dan mengakui adanya persilangan di antara mereka. ” Di satu sisi ada orang-orang yang membawa bendera Suriah, di sisi lain ada orang-orang yang membunuhi rakyat yang tidak bersalah,”ujarnya.

Jarba juga menyebut kepergian koalisi ke Jenewa dimaksudkan untuk mencapai tuntutan rakyat Suriah. “Kami pergi ke Jenewa dengan sangat nyaman karena rakyat Suriah mendukung kami. Kami ingin suara kami didengar,” kata Jarba.

Sumber: Antara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *