Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 30 March 2014

Ongkos Haji 2014 Turun


foto:istimewa

Kabar baik bagi jemaah calon haji yang ingin menunaikan ibadah dimusim haji tahun 2014. Pemerintah lewat Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) mengatakan bahwa Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2014 mengalami penurunan ketimbang BPIH 2013.

“Jika BPIH 2013 berjumlah sekitar Rp37 juta, BPIH 2014 menjadi sekitar Rp33,8 juta,” ujar Anggito Abimanyu, wakil dari Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Anggito Abimanyu, seperti dilansir metrotv.

BPIH 2014 turun sekitar US$308 dari BPIH 2013. Sementara kurs yang digunakan dalam menentukan BPIH 2014 dikatakan mantan Dirjen Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini adalah kurs yang berlaku saat ini.

Salah satu penyebab penurunannya adalah turunnya harga pemondokan di Makkah. Besaran harga BPIH ditentukan oleh dua komponen yaitu pemondokan dan penerbangan.

Mengenai pemondokan, diakui Anggito pemerintah masih melaksanakan proses tender. Ketika ditanya mengenai kemungkinan adanya kenaikan harga pasca tender, dia menjelaskan hal itu sudah diantisipasi agar tidak sampai terjadi karena sudah ada patokan yang digunakan pemerintah.

“Dana Abadi Umat (DAU) belum dimanfaatkan tetapi sudah ada regulasi penggunaannya. Sesuai regulasi, DAU dapat dimanfaatkan untuk pendidikan, kesehatan, pemberdayaan umat, fasilitas ibadah dan penyelenggaraan ibadah haji,” ungkap Anggito.

Ia mengatakan kemungkinan untuk memanfaatkan DAU untuk penyelenggaraan ibadah haji memang ada tetapi sangat tergantung kepada rencana dari pengelolanya atau badan pelaksananya.

Terkait jumlah setoran awal ibadah haji yang berjumlah Rp 25 juta, Anggito mengatakan pemerintah belum membahas adanya kemungkinan kenaikan jumlahnya pada penyelenggaraan musim haji 2014.

 

 

[bbs/ton/foto:istimewa]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *