Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 21 May 2014

OKI : Bishkek, Ibukota Kebudayaan Islam


Worldbulletin.

Meski Kirgistan merupakan negara sekuler, namun OKI masih menerimanya sebagai anggota penuh dan memegang tempat penting bagi budaya Islam.

Tahun ini, Organisasi Kerjasama Islam (OKI) menyatakan Bishkek, ibu kota Kirgistan sebagai Ibukota Kebudayaan Islam. Bishkek meraih predikat ini sejak tahun 2005 dari kota Madinah, dan akan membawa gelar ini sampai dengan 18 September 2014.

Penghargaan ini menandakan bahwa pada Selasa lalu (20/05), semua acara-acara kebudayaan yang diselenggarakan OKI akan berlangsung di Bishkek. Dalam upacara pembukaan Opera Nasional Kirgistan di Bale Theatre, hadir sebagai pembicara Menteri Kebudayaan Abdilas Maldibayev dan Menteri Informasi dan Pariwisata Kamila Taliyeva.

Abdiles mengatakan, meski Kirgistan merupakan negara sekuler, namun OKI masih menerimanya sebagai anggota penuh dan memegang tempat penting bagi budaya Islam dalam sejarah.

Kementerian Kebudayaan Kirgistan dan Kementerian Informasi dan Pariwisata menyelenggarakan opera di Bale dengan menampilakan karya seniman muda yang dikenal sebagai Manas.

Kelompok Akak Komuz juga melakukan konser orkestra musik tradisional, yang menarik perhatian penonton. [LS]

 

Sumber: Worldbulletin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *