Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 03 December 2015

OBITUARI – Slamet Effendy Yusuf, Tokoh Kerukunan Umat Beragama


IMG_20151203_29866

Keluarga besar Nahdatul Ulama kembali berduka. Adalah Wakil Ketua Umum PBNU Slamet Effendy Yusuf dikabarkan wafat di Bandung, Rabu, (2/12). Almarhum merupakan salah satu tokoh terbaik yang dimiliki organisasi Islam terbesar di Indonesia ini.

“Beliau – wakil ketua umum PBNU dan tokoh yang ikut terlibat langsung dalam penyusunan Khitthah NU yang terkenal itu – sahabatku Drs. H. Slamet Effendi Yusuf, subuh tadi dikabarkan wafat,” kata KH. Mustafa “Gus Mus” Bisri via akun pribadinya pagi tadi, (3/12).

Kabar wafatnya salah satu pendiri majalah Forum Keadilan di masa Orde Baru ini  sejatinya merupakan duka bagi bangsa Indonesia. Pasalnya,  almarhum adalah sosok yang senantiasa mengupayakan kerukunan umat beragama di tengah kemajemukan bangsa Indonesia.

“Saya mengenal almarhum sebagai sosok yang rajin dan konsisten dalam membangun kerukunan umat beragama di Tanah Air,” kata Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengenang Ketua Komisi Kerukunan Antar Umat Beragama MUI Pusat  itu.

Almarhum yang akrab disapa Kiai Slamet ini adalah sosok yang langka.  Perjalanan hidupnya di berbagai organisasi, sejak mahasiswa di IAIN Yogyakarta hingga terjun di dunia politik dan ormas NU mencerminkan sikapnya yang senantiasa menempatkan agama dalam konteks keindonesiaan.

“Wawasan kebangsaan yang dimilikinya menyebabkan almarhum selalu mengaitkan ke-Islaman dengan ke-Indonesiaan,” kata Lukman, seperti dilansir situs resmi Kemenag.

Semasa hidup almarhum pernah menjadi Ketua Umum GP Ansor dua periode. Juga menjadi anggota DPR RI, MPR RI dan Pengurus MUI Pusat. Selain itu juga menjabat sebagai Dewan Pembina Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia.

Slamet Effendy Yusuf  meninggal dalam usia 67 tahun. Menurut pihak keluarga, Jenazah akan dimakamkan di kampung halamannya, Purwokerto, Jawa Tengah. Almarhum adalah putera pertama dari 4 bersaudara dari pasangan KH Azhari Yusuf dan Hj Umi Kulsum.

 

MA/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *