Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 25 February 2017

Normalisasi Hubungan Pasca 10 Tahun Retak, Al-Azhar dan Vatikan Gelar Dialog


islamindonesia.id – Normalisasi Hubungan Pasca 10 Tahun Retak, Al-Azhar dan Vatikan Gelar Dialog

 

Perwakilan institusi terkemuka Muslim Suni Al-Azhar dan Vatikan menggelar dialog di Kairo, Mesir, Rabu (22/2/2017) waktu setempat, pascanormalisasi hubungan pada 2016.

Lembaga yang bermarkas di Kairo itu menyatakan bahwa pertemuan difokuskan pada peran Al-Azhar dan Vatikan dalam memberantas fanatisme, ekstremisme dan kekerasan.

“Dialog harus mampu mengatasi perbedaan antarumat manusia, dan agama mampu mengatasi perselisihan melalui toleransi,” ujar Mahmoud Zaqzouq, salah satu perwakilan Al-Azhar, dalam pidatonya saat membuka dialog tersebut.

Delegasi Vatikan dipimpin oleh Jean-Louis Tauran, seorang kardinal asal Prancis yang mengepalai Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama, yang didukung penuh Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus.

Seperti dilansir AFP, Paus bertemu dengan Imam Besar Al-Azhar Ahmed al Tayeb di Vatikan pada Mei tahun lalu di tengah hubungan yang kembali erat setelah sempat retak ketika mantan paus Benediktus XVI mengaitkan Islam dengan terorisme dalam pidatonya pada 2006 silam.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *