Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 16 March 2017

Nguri-nguri Budaya Lewat Lomba Tulis Aksara Jawa


Nguri-nguri Budaya Lewat Lomba Tulis Aksara Jawa

islamindonesia.id – Nguri-nguri Budaya Lewat Lomba Tulis Aksara Jawa

 

Sebanyak 35 siswa dari 35 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Kendal, mengikuti lomba Andhon Wasis Nyerat Aksara Jawi (Terampil Menulis Aksara Jawa).

“Lomba ini bertujuan untuk nguri-nguri atau memperkenalkan budaya Jawa, terutama menulis aksara Jawa,” ujar Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jawa SMK Kabupaten Kendal, Any Faiqoh di SMKN 2 Kendal, Rabu (15/3/2017).

Any menjelaskan, lomba tingkat SMK se-Kabupaten Kendal ini merupakan seleksi awal untuk selanjutnya berkompetisi di tingkat provinsi.

Ada tiga kriteria penilaian dalam lomba ini, yaitu ketepatan, kerapian, dan keindahan dalam menulis aksara Jawa. “Kita mengambil juara satu sampai dengan tiga. Tapi yang mewakili maju ke tingkat Provinsi, hanya juara satu saja,” kata Any.

Salah satu peserta lomba, Rani Oktaviana dari SMKN 4 Kendal mengaku bisa menulis aksara Jawa. Namun tulisannya belum bisa rapi.

“Padahal salah satu peniliannya adalah kerapiannya,” ucapnya sambil tersenyum.

Juara dalam perlombaan itu adalah Dhara Ayuning Tyas dari SMK Adhi Yudha Karya Patean, diikuti Isnaeni dari SMKN2 Kendal sebagai juara 2 dan Silvia Dita Prastiwi dari SMK Muhamadiyah 1 Weleri, sebagai juara 3.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *