Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 16 August 2018

Netral di Pilpres 2019, Muhammadiyah: Pilih Sesuai Idealisme Bukan Pragmatisme


Netral di Pilpres 2019, Muhammadiyah Pilih Sesuai Idealisme Bukan Pragmatisme

islamindonesia.id – Netral di Pilpres 2019, Muhammadiyah: Pilih Sesuai Idealisme Bukan Pragmatisme

 

Pasca deklarasi dua pasangan Capres-Cawapres pekan lalu, ormas Islam Muhammadiyah menyatakan sikap resminya terkait Pilpres 2019 mendatang itu. Hal ini sebagaimana ditegaskan Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu’ti bahwa PP Muhammadiyah bersikap netral dan tidak akan memihak, baik kepada pasangan Capres-Cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin maupun kepada pasangan Prabowo-Sandiaga.

Untuk itu, Muhammadiyah memberikan kebebasan kepada para anggotanya agar menentukan pilihan sesuai hati nurani dengan tetap berpegang teguh pada khittah dan kepribadian Muhammadiyah agar Pemilu 2019 berlangsung aman dan damai.

“Muhammadiyah sangat berharap Pilpres 2019 dapat berlangsung secara aman, damai, tertib, dan lancar serta menghasilkan pemimpin yang membawa bangsa Indonesia meraih kemajuan,” ujar Mu’ti, Rabu (15/8/2018) kemarin.

Karena itu, Muhammadiyah juga mengharapkan kepada setiap anggotanya agar mengajak masyarakat luas untuk menjadi pemilih yang cerdas, arif, dan bertanggung jawab.

“Pemilih yang cerdas adalah mereka yang menentukan pilihan secara rasional dan obyektif dengan menganilisis program-program yang ditawarkan oleh para calon presiden dan wakil presiden,” katanya.

Mu’ti menambahkan, pemilih yang arif adalah mereka yang bersikap dewasa dalam menentukan pilihan. Menurut dia, mereka juga senantiasa menjaga kesantunan dan saling menghormati walaupun berbeda pilihan.

“Pemilih bertanggung jawab adalah mereka yang memilih dengan penuh kesadaran dan idealisme, bukan pragmatisme. Mereka bersikap kesatria menerima apapun konsekuensi pilihannya, termasuk sikap siap menang dan siap kalah,” pungkas Mu’ti.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *