Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 05 April 2014

Muslim Tatar Tawarkan Umat Kristen Krimea Ibadah di Masjid


 Merdeka.com

Umat Kristen terancam diusir dari gereja.

 

Sebagaimana dilansir situs Risu.org.ua dan dikutip dari Merdeka.com pada Sabtu (5/4), juru bicara dari keuskupan Kiev Uskup Agung Yevstratiy Zorya mengatakan bahwa kaum nasrani mendapat tawaran dari muslim Tatar untuk menjalankan ibadah di masjid-masjid mereka.

“Mereka berjanji melindungi hak-hak kami,” ujar Zorya.

Tawaran ini diberikan umat Muslim kepada warga Kristen Ortodoks lantaran umat Kristen Krimea kebingungan dalam menjalankan ibadah. Mereka terancam diusir dari gereja akibat kemelut politik yang belum terselesaikan di wilayah Krimea yang kini bergabung dengan Rusia.

Bahkan, dua dari sebelas pendeta telah mengevakuasi keluarganya ke Ibu Kota Kiev. Tawaran Muslim ini ibarat angin segar bagi kaum Kristen untuk beribadah tanpa diliputi rasa takut. Sehingga, meski pengusiran belum terjadi, mereka nampaknya mempertimbangkan tawaran tersebut.

Saat ini dikabarkan sekitar 11 pendeta masih melayani kebaktian di beberapa gereja di Krimea. Namun, mereka mengaku was-was jika sewaktu-waktu Rusia menyerbu tempat ibadah mereka dan mengusir semua jemaat.

 

Sumber: Risu.org.ua/Merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *