Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 26 January 2019

Muslim Mindanao Menangi Referendum


islamindonesia.id – Muslim Mindanao Menangi Referendum

 

Masyarakat di Mindanao, Filipina Selatan, yang sebagian besar pemeluk Islam, mengikuti referendum untuk menentukan otonomi atau tetap di bawah pemerintah pusat. Sekitar 2,8 juta warga ikut ambil bagian dalam referendum ini guna membentuk pemerintatahn otonomi daerah bernama Bangsamoro.

Referendum ini diprediksi berakhir dengan keputusan otonomi, sehingga Bangsamoro bisa memiliki kekuasaan eksekutif, legislatif, dan keuangan di Mindanao.

“Kami yakin bahwa ‘iya’ akan menang. Jika tidak ada manipulasi, tidak ada intimidasi, akan ada penerimaan yang luar biasa,” kata ketua MILF, Murad Ebrahim, merujuk kepada pilihan dalam referendum, pekan lalu.

Sebelumnya, Presiden Rodrigo Duterte meminta masyarakat Mindanao untuk mewujudkan perdamaian, melanjutkan pembangunan, serta menunjuk pemimpin lokal yang bisa mewakili dan memahami kebutuhan masyarakat Muslim. Duterte pernah menjadi wali kota di Davao, daerah itu yang juga berada di Mindanao.

Sementara itu penggagas referendum mengatakan akan membahas langkah ke depan untuk menentukan pemerintahan termasuk kesejahteraan masyarakat, seperti lapangan kerja, pendidikan, dan pembangunan.

Benar saja, hasil referendum yang dirilis Jumat (25/1/2019), menunjukkan bahwa mayoritas penduduk menyetujui wilayah otonomi baru yang kemungkinan diberi nama Bangsamoro.

Pengumuman resmi referendum yang diumumkan komisi pemilihan Filipina menunjukkan hasil meyakinkan, yakni sekitar 1,7 juta penduduk mendukung dan sekitar 254.600 menentang.

Wilayah baru yang akan dikontrol Muslim itu diharapkan bisa membawa perdamaian setelah konflik puluhan tahun yang menewaskan 150.000 orang.

Usai pengumuman hasil ini, kelompok paling berpengaruh di Mindanao, Front Pembebasan Islam Moro (MILF), tampaknya akan meletakkan senjata dan mengambil alih kekuasaan politik.

“Kami sangat senang dengan dukungan luar biasa dari rakyat,” kata pemimpin MILF, Murad Ebrahim.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *