Satu Islam Untuk Semua

Monday, 05 May 2014

Muslim Inggris Satukan Semua Umat Beragama Lewat Pramuka


dunia.news.viva.co.id

Membantu para pemuda tumbuh dan berkembang melalui petualangan menyenangkan dan berbagai kegiatan merupakan cara terbaik untuk mengembangkan masyarakat yang damai dan produktif.

 

 

Perdana Menteri Inggris David Cameron telah memberikan penghargaan kepada seorang Muslim bernama Amir Cheema atas jasanya yang berhasil menyatukan ratusan pemuda dari berbagai agama dan latar belakang melalui kegiatan Pramuka, dan menyebutnya sebagai inspirasi bangsa.

“Saya senang bisa bertemu dan mengenal Amir Cheema, dan menyebutnya sebagai inspirator,” ucap PM Cameron seperti dikutip The Guardian.

“Apa yang dia lakukan begitu inspiratif. Dengan merintis kegiatan Pramuka di masyarakat Muslim, dia membuat tradisi besar ini sebagai sesuatu yang bisa dibagi kepada semua orang. Pramuka telah memberikan kontribusi luar biasa untuk negara kita selama lebih dari satu abad.”

“Sungguh fantastis, gerakan ini masih terus berkembang. Apa yang dilakukan Amir merupakan keinginan dan harapan bagi banyak orang, untuk menyatukan masyarakat kita dan memberikan pelayanan kepada orang lain,” tambahnya.

Selama 11 tahun terakhir, Amir telah mendedikasikan waktunya untuk mengabdi pada bangsa melalui kegiatan Pramuka. Amir yang seorang insinyur ini telah berhasil mendorong anak laki-laki Muslim dan perempuan, serta pemuda dari berbagai latar belakang, untuk bergabung dengan Asosiasi Pramuka.

Di tangannya, kegiatan Pramuka ini terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Kelompok Muslim mencatat, kegiatan positif Pramuka meningkat sekitar 85 persen selama lima tahun terakhir.

Menyadari manfaat Amir yang begitu besar bagi negara, PM Cameron telah memberinya penghargaan atas komitmen luar biasa untuk menjadi sukarelawan dan mengubah kehidupan masyarakat dengan memberikan gelar “inspirator”.

Penghargaan ini, diakui Cameron terinspirasi dari Amerika Serikat. Yakni sebuah penghargaan yang dicetuskan oleh George Bush Snr dan dilanjutkan oleh penerusnya di Gedung Putih, untuk memberikan penghargaan kepada orang-orang yang membuat perbedaan di komunitas mereka dan menginspirasi orang lain.

Amir dinilai pantas mendapatkan penghargaan tersebut karena telah menerima banyak pujian. Ia telah mengabdikan hidupnya untuk bekerja secara sukarela demi mempererat hubungan antar masyarakat, dengan mengajak para pemuda dari berbagai latar belakang dan agama yang berbeda bersama-sama sebagai pemimpin kelompok dalam kegiatan Pramuka.

Siapapun dapat mencalonkan seseorang untuk menjadi “Inspirator” dan meraih penghargaan dengan menulis surat kepada Perdana Menteri, lanjut Cameron.

Masyarakat produktif

Penghargaan ini telah membuat hati Amir senang dan bersumpah untuk terus melanjutkan upayanya dalam mengembangkan masyarakat yang damai dan produktif.

“Ini suatu kehormatan besar bagi saya. Menerima penghargaan ini karena telah membantu kaum muda merasakan petualangan seumur hidup,” kata Amir kepada The Guardian.

“Saya berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan dan saya ingin mendengar semua anggota masyarakat pun melakukan hal yang sama, termasuk orang-orang yang belum melakukan kegiatan Pramuka,”

Pemimpin Pramuka Muslim ini juga mengucap syukur kepada Allah, yang telah memberikan energi untuk membuat perubahan dalam kehidupan kaum muda.

“Saya berterima kasih kepada Allah karena telah memberi saya energi dan kesempatan untuk membantu kaum muda,” kata Amir.

“Membantu para pemuda tumbuh dan berkembang melalui petualangan menyenangkan dan berbagai kegiatan merupakan cara terbaik untuk mengembangkan masyarakat yang damai dan produktif.”

Inggris merupakan rumah bagi minoritas Muslim, yakni hampir 2,5 juta jiwa. Diperkirakan ada sekitar 2.000 pramuka Muslim di Inggris dan ada sekitar 40 kelompok Pramuka aktif dengan keanggotaan mayoritas Muslim.

 

Sumber: The Guardian/Onislam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *