Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 28 January 2014

Muslim Inggris Berjalan Kaki Demi Gaza


dailymail.com

Ribuan Muslim Inggris mengelar dukungan terhadap perjuangan Palestina dan menggalang bantuan guna dikirimkan kepada masyarakat Palestina yang menderita.

“Kami ingin selamatkan anak-anak Palestina di Jalur Gaza,” ucap salah satu penyelenggara Walk for Gaza, seperti dilansir¬†onislam.net, Ahad (26/1).

Dengan bermodalkan minuman hangat dan peta, ribuan Muslim Inggris berjalan sepanjang 5 mil. Sepanjang jalan mereka menggalang bantuan yang nantinya akan membiayai program-progam amal di Gaza Timur.

Walk for Gaza telah memasuki tahun keenam. Acara ini merupakan prakarsa Komunitas Muslim di London. Selama lima tahun terakhir, ratusan ribu poundsterling telah diberikan kepada anak-anak Palestina. Tahun lalu, dana bantuan yang terkumpul mencapai 117.000 pounsterling.

Walk for Gaza berlangsung serentak di Birmingham, Manchester dan Leicester. Panitia penyelenggara berharap, akan ada banyak kota yang disambangi. Dengan begitu makin banyak warga Palestina yang dibantu.

Kementerian Kesehatan Gaza menyambut baik bantuan Muslim dalam memberikan pengobatan gratis di Rumah Sakit Al-Durrah. “Kami ingin berterima kasih kepada Muslim Inggris yang berupaya memberikan sumbangsih terhadap pengembangan Rumah Sakit Al-Durrah,” demikian pernyataan resmi kementerian.

Thania Mukith mengatakan alasan utama berpartisipasi dalam Walk for Gaza karena banyak anak-anak yang menjadi korban baku tembak. “Yang saya tahu, warga Gaza hidup dalam akses terbats,” kata dia yang berhasil mengumpulkan dana sebesar 1.400 dolar AS.¬†

Mukith mengatakan bantuan apapun yang diberikan akan memberikan dorongan psikologi pada anak-anak. “Terus terang menyedihkan. Mereka punya hak,” kata dia. (ROL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *