Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 26 October 2014

Muslim Indonesia Sambut Tahun Baru Islam


Pawai bedug di Lamongan, Jawa Timur.

Sedikit mercon, genderang bedug, rebana dan zikir. Jutaan muslim di Indonesia merayakan masuknya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436 yang bertepatan dengan hari Jum’at (24/10).

Di Rejanglebong, Bengkulu, ribuan Muslim memadati Masjid Agung Baitul Makmur dalam acara zikir akbar yang disponsori pemerintah lokal. Acara ini membuka serangkaian kegiatan terkait tahun baru Islam, semisal lomba baca Qur’an, dan festival rebana dan nasyid serta bazar.

Lain lagi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Muslim di sana mengadakan shalat berjamaah di Masjid Raya Sabilal Muhtadin.

Di Lamongan, Jawa Timur, suasana lebih semarak. Lepas pawai bedug, wakil dari 27 kecamatan Lamongan berlaga dalam lomba menabuh bedug di Alun-Alun Kota Lamongan.

Pada momen pergantian tahun, tepat pukul 17:29 waktu setempat, ke-27 bedug ditabuh bersamaan oleh Bupati Lamongan Fadeli, Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) setempat dan Ketua MUI Lamongan KH Abdul Aziz Choiri.

Dalam sambutannya, Fadeli menyebut hakekat peringatan tahun baru sebagai upaya introspeksi dan mawas diri. “Semoga di masa datang kita lebih baik lagi sehingga menjadi insan yang lebih baik, lebih bermakna dan bermanfaat,” katanya seperti dilansir Antara News.

Seperti di Rejanglebong, kegiatan doa dan zikir Islam juga digelar di kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Sebelumnya, pada pagi hari, 15.000 orang lebih pelajar madrasah sekota Mataram menggelar pawai “Hijratul Rasul”.

(Nisa/Antara News)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *