Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 18 March 2014

Muslim dan Kristen Yunani Bersatu Galang Dana


Islam Today

Sebuah inisiatif menarik telah diluncurkan penduduk Komotini, pulau Cephalonia, Yunani, yakni umat Muslim dan Kristen bersatu dalam upaya penggalangan dana bantuan bagi korban gempa bumi.

Cephalonia merupakan Kepulauan Ionian terbesar di Yunani bagian barat yang memiliki jumlah penduduk sekitar 35.000 orang lebih. Pulau ini berada di jantung zona gempa bumi. Pada 1953, gempa bumi besar terjadi di sana dan hampir menghancurkan seluruh pemukiman di pulau itu, hanya menyisakan pulau kecil, Fiscardo di sebelah utara.

Baru-baru ini, pulau itu telah dilanda serentetan gempa bumi berat sejak akhir Februari hingga mencapai 4,7 skala richter – yang terjadi pada 5 Maret lalu.

Keuskupan dan mufti Muslim dari Maroneia dan Komotini, bersama dengan Komite Muslim, mengadakan pengumpulan dana bersama untuk menunjukkan solidaritas mereka.

Sebelumnya, upaya kerjasama yang dilakukan lintas agama seperti ini masih tergolong tabu. Namun, gempa bumi telah menggiring hati nurani mereka, terlepas dari keyakinan agama mereka. Langkah solidaritas ini dianggap sangat signifikan dan disambut baik oleh banyak pihak.

Menurut pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh mufti dan Komite Muslim Komotini, “Dana yang berasal dari tabungan beberapa orang, bekerja sama dengan Uskup Suci Maroneia dan Komotini, telah disimpan di rekening bank yang dibuka oleh Uskup Suci dari Cephalonia, untuk korban gempa.”

Sementara itu, kepala komunitas Muslim berharap, “Semoga rekan-rekan dan saudara-saudara di Cephalonia, yang terkena bencana gempa bumi ini kuat, kami akan berusaha mengatasi penderitaan mereka, dan waktu yang akan segera menyembuhkan luka mereka.”

 

Sumber: Islam Today

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *