Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 30 January 2014

Museum Seni Islam di Kairo Rusak, UNESCO Prihatin


Foto: unesco.org

Irina Bokova, Direktur Jenderal UNESCO menyatakan prihatin atas rusaknya Museum Seni Islam di Kairo, Mesir akibat ledakan bom mobil pada pekan lalu.

Bom itu meledak di Jalan Port Said, dekat gedung Direktorat Keamanan Polisi Mesir, dan berada di depan pintu masuk utama museum tersebut.

“Saya sangat mengecam serangan ini yang mengakibatkan kerusakan pada museum yang terkenal di dunia, Museum Seni Islam di Kairo, yang menyimpan ribuan artefak yang tak ternilai,” kata Irina Bokova.

“Hal ini menimbulkan bahaya kerusakan permanen pada peninggalan sejarah dan identitas rakyat Mesir. Saya berjanji untuk memobilisasi semua pengalaman dan keahlian UNESCO untuk membangun kembali Museum dan memulihkan kerusakan, hal ini penting bagi rakyat Mesir… dan seluruh dunia,” kata dia.

“Warisan ini merupakan bagian dari kisah manusia secara universal yang dimiliki oleh semua orang dan kita semua harus menjaganya,” tambahnya.

Dia memuji Kementerian Peninggalan Antik Mesir serta perwakilan masyarakat sipil di Kairo atas aksi dan upaya untuk menyelamatkan artefak yang rusak dan mengambil langkah-langkah pertama untuk menyelamatkan.

“Dalam semangat solidaritas, saya menghimbau untuk semua negara anggota untuk mendukung tindakan untuk merehabilitasi Museum itu, terutama galeri  yang menampilkan koleksi,” lanjutnya.

Sumber: unesco.org/satuharapan.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *