Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 21 August 2013

Mundur Dari Jabatan Wapres, El Baradei Dicap Penghianat


Mohamed El Baradei  terancam diadili oleh pihak berwenang Mesir. Pasalnya ia dituduh telah berkhianat kepada rakyat Mesir karena mundur dari jabatannnya sebagai Wakil Presiden Mesir sementara.

Menurut laporan Fars News pada Selasa (20/8), El Baradei akan dibawa pengadilan atas tuduhan telah melanggar kepercayaan nasional. Rencananya ia akan dihadapka ke Pengadilan Kairo pada 19 September 2013.

Keputusan pihak berwenang Mesir itu sontak menimbulkan reaksi keras dari beberapa pihak. Salah satunya dari seorang dosen di salah satu universitas Kairo. Dalam wawancaranya dengan Al Ahram, sang dosen yang enggan disebut namanya menyebut rencana pengadilan itu sebagai  tuduhan yang tak bisa ditoleransi

El Baradei menyatakan mundur dari jabatannya sebagai orang kedua di Mesir pada 14 Agustus lalu, setelah militer Mesir melakukan aksi brutal terhadap  para pendukung persiden terguling Muhammad Mursi,

Pihak pemerintah menyebut pengunduran diri itu sebagai bentuk pengkhianatan terhadap amanah rakyat. Langkah itu disebut akan menimbulkan kesan yang keliru bagi dunia internasional terkait aksi kekerasan yang dilakukan militer terhadap sebagian rakyat Mesir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *