Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 21 March 2019

MUI Pusat Tanggapi Rencana MUI Jabar Haramkan PUBG


islamindonesia.id – MUI Pusat Tanggapi Rencana MUI Jabar Haramkan PUBG

Menanggapi rencana Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar yang mempertimbangkan mengeluarkan fatwa haram atas game PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG, MUI pusat pun menyatakan akan membuat kajian terhadap PUBG.

“Fatwa adalah jawaban hukum Islam dalam upaya memberikan solusi atas permasalahan yang muncul di masyarakat, pertimbangannya komprehensif,” kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh, , Kamis (21/3/2019). 

“MUI akan lakukan kajian. Di samping konten, juga dampak yang ditimbulkan,” imbuhnya. 

Sekadar informasi, India telah melarang anak dan remaja bermain PUBG karena dinilai mengandung aksi kekerasan serta berpengaruh buruk bagi kalangan anak muda. Bahkan kepolisian di wilayah tersebut mengancam hukuman penjara bagi yang kedapatan bermain game tersebut.

“Tentu kita harus teliti terlebih dahulu mengenai dampak dari game ini,” kata Ketua MUI Jabar Rahmat Syafei belum lama ini.

Ia menilai pada prinsipnya sesuatu yang memberi dampak negatif secara luas akan dilarang MUI. Apalagi, kata dia, jika sampai menstimulus seseorang untuk melakukan tindakan kejahatan.

“Kami belum melakukan fatwa. Tapi secara umum, kalau (PUBG) berdampak merusak, jadi tidak boleh. Akan kami pertimbangkan buat fatwa supaya perlu ada menutup jalan sebuah kejahatan,” tutur Syafei.

Sebelumnya, dalam aksi penembakan brutal yang menewaskan 50 anggota jemaah yang tengah beribadah salat Jumat di dua masjid di Selandia Baru, didapati senjata yang digunakan pelaku disebut-sebut mirip item di game PUBG.

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *