Satu Islam Untuk Semua

Friday, 28 April 2017

MUI Ingin Bentuk Fraksi di DPR, Fadli Zon: Gimana Caranya?


Pilkada Serentak dan Imbauan MUI

Islamindonesia.id – MUI Ingin Bentuk Fraksi di DPR, Fadli Zon: Gimana Caranya?

 

Pimpinan DPR Fadli Zon tampak heran mendengar kabar usulan pembentukan fraksi Majelis Ulama Indonesia di DPR. Pasalnya, fraksi di DPR merupakan perpanjangan tangan dari partai poltik, sedangkan MUI bukan bagian dari institusi parpol.

“Ya gimana caranya ya?,” kata Fadli menanggapi pertanyaan wartawan terkait usulan MUI itu, 27/4.

Kecuali yang dimaksud petinggi MUI adalah pembentukan kelompok atau forum seperti kaukus perempuan DPR, menurut Fadli, tak masalah. Meski demikian, tak setiap dari parpol  dapat memiliki fraksi di DPR, karena syaratnya diatur undang-undang.

“Kalau fraksi (MUI) tidak mungkin,” katanya.

Seperti diketahui, MUI menginisiasi usulan adanya fraksi khusus MUI di DPR RI. Sebab MUI menilai selama ini anggota DPR belum membuat produk undang-undang yang sejalan dengan Pancasila dan UUD 1945.

“DPR kan tugas membuat UU kan ya, nah kenyataannya hari ini banyak UU yang tidak sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945 sehingga masyarakat resah,” ungkap Sekjen MUI Anwar Abbas seperti dilansir detikcom, Kamis (27/4).

MUI menilai seperti itu karena melihat ada banyak UU yang diuji materi di Mahkamah Konstitusi dan kalah. Seperti UU Migas yang akhirnya dimenangkan oleh Muhammadiyah. Anwar menyebut hal itu yang membuat MUI menilai wakil rakyat belum bisa membuat UU sesuai dengan semangat konsitusi negara.

Ini pertanda bahwa anggota DPR tidak cermat dalam membuat UU, buktinya dibatalkan oleh MK karena tidak sesuai Pancasila dan UUD 1945. MUI melihat bahwa Pancasila dan UUD 45 sudah sesuai dengan ajaran Islam, pertanyaannya apa tugas MUI? Memperjuangkan itu supaya tegak dan dilaksanakan dengan baik,” terang dia.

“MUI memiliki tanggungjawab moral. Kalau seandainya sudah sesuai, maka yang mendapat manfaat tidak hanya umat Islam tapi semua warga bangsa maka tidak peduli agamanya apa,” tambah Anwar.

MUI percaya kehadirannya di parlemen akan membuat UU yang dihasilkan negara menjadi lebih berkualitas. Anwar menyebut, isi dari Fraksi MUI tidak harus yang bergama Islam, asalkan memiliki semangat dan tujuan yang sama.[]

 

YS/ islam indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *