Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 02 October 2013

MUI Himbau Restoran Segera Ajukan Sertifikat Halal


KETUA dan Kordinator Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Dr. KH. Ma’ruf Amin minta agar setiap restoran di Indonesia segera mengajukan sertifikat halal. Hal itu untuk melindungi konsumen yang mayoritas umat Islam. Kaiai Ma’ruf mengakui bahwa selama ini MUI tidak mempunyai kekuatan pemaksa agar restoran mengajukan sertifikat halal. Tetapi pemilik restoran hendaknya bisa memahami kondisi riil di Indonesia. 

“Di Indonesia ini kan mayoritas umat Islam. Jadi, kita berkewajiban untuk melindungi umat dari makanan yang tidak halal. Sekarang warung-warung dan restoran modern menjamur dengan sajian makanan beraneka ragam, termasuk makanan internasional. Untuk menjaga umat, restoran itu harus jelas, apakah masakannya halal atau tidak. Jadi, kita himbau agar mereka segera mengajukan sertifikat halal,” katanya belum lama ini. 

Selanjutnya Kiai Ma’ruf mengemukakan, selain warung dan restoran, proses permohonan sertifikat halal juga agar dilakukan oleh seluruh produk makanan dan minuman. Kiai Ma’ruf minta agar umat Islam juga berhati-hati dalam memilih restoran maupun makanan dan minuman, terutama untuk konsumsi anak-anak yang kini jenisnya sudah terlalu banyak. 

Untuk itu, Kiai Ma’ruf juga minta agar pihak Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) segera menyelesaikan proses pembuatan Undang-Undang Jaminan Produk Halal (JPH). “DPR harus segera selesaikan, jangan berlarut-larut. Agar kita punya aturan yang jelas tentang produk halal ini. Kita sudah sepakat bahwa pemberian label halal tetap diberikan kepada MUI. Tapi yang paling penting adalah DPR agar segera selesaikan tugasnya itu,” kata Kiai Ma’ruf. 

Belakangan ini pro dan kontra sertifikasi halal MUI semakin panas. Tentu produsen makanan perlu segera memberikan label halal pada makanannya agar memberi jaminan bagi konsumen Indonesia yang mayoritas Islam. Label halal bukan menjadi intervensi berlebihan bagi produsen makanan, tapi menjadi bagian perlindungan konsumen. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *