Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 06 May 2018

MUI: Ditolak Ceramah, Jalan Introspeksi Diri Bagi Khalid Basalamah


MUI Ditolak Ceramah, Jalan Introspeksi Diri Bagi Khalid Basalamah

islamindonesia.id – MUI: Ditolak Ceramah, Jalan Introspeksi Diri Bagi Khalid Basalamah

 

Menanggapi penolakan dan larangan Gerakan Pemuda (GP) Ansor terhadap rencana Khalid Basalamah berceramah di Masjid Hasyim Asy’ari, Jakarta, Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis menyampaikan, tokoh agama merupakan sosok panutan umat. Karena itu, dia harus berperilaku baik, termasuk menghargai pemahaman pihak lain.

‘’Seorang ustad atau tokoh agama perlu bijak dalam menyampaikan pesan-pesan agama karena keragaman paham sebagai sebuah fakta,’’kata Cholil, Sabtu (5/5/2018).

Menurut Cholil, jika Khalid merasa tidak sependapat dengan pandangan Nahdlatul Ulama (NU), maka sedianya disampaikan secara baik-baik, tidak dengan menyampaikan langsung kepada umat.

Dengan demikian, tidak muncul penolakan dari umat. Cholil juga mengingatkan kedua pihak tidak memperuncing perbedaan pandangan dan sama-sama menahan diri.

”Setajam apa pun perbedaan harus sama-sama menahan diri agar iklim keberagamaan masyarakat tetap kondusif, dilakukan dialog, dan saling silaturahmi,’’ imbaunya.

Senada, mantan Katib Aam Pimpinan PBNU Malik Madani mengatakan sedianya penolakan GP Ansor bisa menjadi jalan introspeksi bagi Khalid.

Menurut Wakil Ketua Umum MUI Yogyakarta ini, seorang ulama harus menyampaikan pesan yang mempersatukan umat, bukan justru membuat keresahan dan menimbulkan pertentangan.

‘’Jadi ini saya kira ini menjadi bahan instrospeksi. Mengapa ada pihak-pihak yang menentang. Kan ada banyak dai tapi kenapa hanya Khalid yang menyampaikan hal demikian,” kata Malik yang kini menjadi Pengurus Mustasyar dan Syuriah PWNU Yogyakarta.

Sebelumnya, Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Yaqut Cholil Qoumas menyatakan tidak setuju jika Khalid Basalamah mengisi ceramah di Masjid KH Hasyim Asy’ari, Jakarta. Yaqut menyebut dakwah yang disampaikan Khalid kerap bertentangan dengan ajaran NU.

[Baca: Sering Ejek Tradisi NU, Khalid Basalamah Dilarang Ceramah di Masjid Hasyim Asy’ari]

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *