Satu Islam Untuk Semua

Friday, 31 March 2017

MUI: Di Indonesia, Zakir Naik Harus Hati-hati Ceramah Terkait Agama Lain


islamindonesia.id – MUI: Di Indonesia, Zakir Naik Harus Hati-hati Ceramah Terkait Agama Lain

 

Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia Cholil Nafis mengakui muballig asal India Zakir Naik memiliki kelebihan dalam perbandingan agama dan ceramahnya diminati sebagian Muslimin Indonesia. Meski demikian, Cholil mengingatkan agar Zakir Naik lebih berhati-hati jika membicarakan agama lain saat tur dakwahnya nanti di tanah air.

“Diharapkan ceramahnya juga nanti dalam membicarakan agama lain harus hati-hati. Agar orang awam perlu hati-hati agar tidak salah paham. Jangan sampai nanti malah menyebarkan pesan membenci atau menistakan agama lain,” kata Cholil seperti dilansir detik.com, 31/1.

Kedatangan Zakir Naik bagi Cholil pada prinsipnya sama baiknya dengan kedatangan ulama atau cendekiawan lain. Hanya, karena sebagian besar publik mengenal Zakir Naik, antusiasmenya cukup besar.

“Dan Indonesia ini menganut pluralitas dan punya banyak kebhinekaan. Sehingga Islam Indonesia punya nilai moderasi yang sangat khas karena hidup dalam keberagaman masyarakat lainnya,” kata Cholil.

Ia mengatakan siang nanti Zakir Naik akan datang ke MUI. Dalam pertemuan tersebut, mereka akan bersilaturahmi dan berbagi ilmu. Bersamaan dengan itu, nantinya MUI akan menyampaikan gambaran tentang Islam di Indonesia.

Seperti diketahui, Zakir Naik akan datang dan menjalani tur dakwah di 6 kota di Indonesia. Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyambut baik kedatangan ini sebagai momen untuk pertukaran ilmu dan pengalaman.

“Pertama, berkenaan dengan dai atau ulama atau cendekiawan yang datang ke Indonesia, tentunya bagus untuk transfer of knowledge dan pengalaman. Kita juga perlu mengetahui gagasan Naik agar kita juga bisa mendapatkan pertukaran pengalaman,” kata Cholil.

Ketua Humas Panitia Zakir Naik Visit Indonesia 2017 Budhi Setiawan mengatakan safari dakwah akan dimulai pada Sabtu (1/4), di Masjid Kota Wisata, Cibubur. Ustazah Farhat Zakir Naik, istri Dr Zakir Naik, dijadwalkan menyampaikan ceramah khusus undangan yang dihadiri 2.500 muslimah.[]

 

YS/ Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *