Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 08 June 2017

MUI Angkat Bicara Soal Krisis Qatar


islamindonesia.id – MUI Angkat Bicara Soal Krisis Qatar

 

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mencermati perkembangan terakhir terkait keputusan Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, Mesir, Yaman, Libya dan Maladewa yang telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar.

Menurut Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa’adi, MUI mengharapkan kepada semua negara yang sedang bertikai untuk menahan diri dan lebih mengedepankan mekanisme dialog, negosiasi serta rekonsiliasi untuk menyelesaikan masalah.

“MUI mengimbau kepada semua negara untuk menghormati prinsip-prinsip hubungan internasional, seperti saling menghormati kedaulatan masing-masing negara dan tidak ikut campur urusan dalam negeri negara lain,” kata Zainut, Kamis (8/6/2017).

MUI, lanjut dia, juga mendesak pemerintah Indonesia berperan menjadi mediator dan negosiator di antara negara yang sedang berkonflik. Pemerintah diminta memprakarsai untuk melaksanakan dialog damai dengan semua negara untuk mencari solusi yang terhormat dan bermartabat.

MUI mengajak semua pihak untuk menyatukan langkah dalam memerangi terorisme dan berkontribusi dalam menjaga keamanan dan stabilitas kawasan serta keamanan global. MUI meminta pemerintah Indonesia untuk mengantisipasi perkembangan situasi keamanan serta menyiapkan langkah-langkah darurat untuk pengamanan bagi WNI yang berada di Qatar, Arab Saudi dan semua negara yang sedang berkonflik.

Pemerintah Indonesia diharapkan melakukan koordinasi dengan otoritas negara setempat guna memastikan keamanan dan keselamatan seluruh WNI di Qatar, Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, Mesir, Yaman, Libya dan Maladewa.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *