Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 26 February 2017

Muhammadiyah: TKI di Saudi Masih Alami Masalah Hukum, Rendahnya Kesejahteraan


sekjen muhammadiyah mukti

islamindonesia.id – Muhammadiyah: TKI di Saudi Masih Alami Masalah Hukum, Rendahnya Kesejahteraan

 

Setidaknya ada empat saran Muhammadiyah kepada Pemerintah Indonesia terkait kedatangan Raja Saudi, Salman bin Abdil Aziz, ke Jakarta. Lewat Sekretaris Jenderal Muhammadiyah Abdul Mu’ti, ormas Islam ini mengingatkan untuk meningkatkan kerja sama dalam pemenuhan kuota dan pelayanan jamaah haji terutama akomodasi dan kesehatan.

Kedua, memperbaiki perlindungan tenaga kerja Indonesia, khususnya tenaga kerja wanita. ”Selama ini Saudi termasuk negara dimana TKI mengalami masalah hukum dan kesejahteraan yang rendah,” kata Mu’ti seperti dilansir Rpublika.co.id, Ahad (26/2).

Ketiga, Pemerintah Saudi bisa bekerja sama dalam pencegahan terorisme. Selama ini terdapat analisis yang mengaitkan pelaku terorisme terindikasi memiliki jaringan dengan organisasi di Saudi. Keempat, memperkuat kerja sama ekonomi dengan Indonesia, tidak hanya dalam bidang energi tapi juga komoditas pangan dan pakaian.

Meski demikian, Mu’ti mengaku sampai sekarang belum ada undangan untuk Muhammadiyah bertemu dengan Raja Salman. Raja Salman dari Arab Saudi berencana mengunjungi Indonesia pada 1 hingga 9 Maret. Rencananya, Menteri Agama dan ormas-ormas Islam akan turut bertemu dengan Raja Salman.

Sementara itu, Ketua Komisi Agama DPR, Sodik Mujahid, mengatakan pihaknya berjanji akan mengingatkan soal santunan korban “tragedi crane” 2015 pada Raja Saudi ketika berkunjung ke gedung parlemen Senayan, Jakarta. Selain itu, yang patut dibicarakan, menurut Sodik, yakni penambahan kuota haji bagi jemaah Indonesia.

“Istilahnya itu satu paket, itu masuk dalam paket usulan kita, prioritasnya seperti yang tadi. Kita juga akan ingatkan yang crane tadi, tetapi prioritasnya setelah kuota atau hal-hal yang strategis tadi,” ujar Ketua Komisi Agama DPR Sodik Mujahid seperti dilansir KBR (26/2).

 

YS/islamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *