Satu Islam Untuk Semua

Monday, 13 August 2018

Muhammadiyah: Pilih Mereka yang Utamakan Kepentingan Bangsa di atas Golongan


Haedar-Nashir-Muhammadiyah

Islamindonesia.id-Muhammadiyah: Pilih Mereka yang Utamakan Kepentingan Bangsa di atas Golongan

 

 

Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nasir mewajibkan warganya barpartisipasi dalam Pemilihan Umum 2019. Meski demikian, Muhammadiyah tidak berpihak pada golongan politik, partai atau politisi manapun. 

 “Warga Muhammadiyah wajib memilih, tidak boleh golput,” kata Haedar di Universitas Muhammadiyah Malang seperti dilansir Harian Kompas,13 Agustus. “Tetapi pilih dengan cerdas, kritis. Pilih mereka yang utamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan golongan, bahkan kroni.”

Bagi Haedar, setiap elemen masyarakat dituntut komitmennya untuk menjaga politik dari berbagai penyimpangan dan transaksi yang menyebabkan kerugian besar bangsa. Komitmen yang sama juga seharusnya dipegang oleh elit politik yang ikut bertarung di Pemilu. 

Politik liberal yang transaksional dan semata-mata berorientasi kekuasaan menjadikan kehidupan kebangsaan kehilangan jiwa, rasa, etika dan kehormatan. Karena itu, sikap kenegarawanan sangat penting dalam upaya menegakkan politik berkeadaban.

Di UMM, Haedar menyampaikan pidato “Meneguhkan Nilai-nilai Kebangsaan yang Berkemajuan Menyongsong Indonesia Emas.” Selain dihadiri akademisi, acara ini juga dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah dan Rektor UMM Fauzan.

 

 

 

YS/Islamindonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *