Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 19 September 2019

Muhammadiyah Ingin Buka Prodi Bahasa Indonesia di Al Azhar Mesir


islamindonesia.id-Muhammadiyah Ingin Buka Prodi Bahasa Indonesia di Al Azhar Mesir

Muhammadiyah menjajaki kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di Mesir, termasuk Universitas Al Azhar. Kerjasama di Negeri Piramida itu dilakukan seiring dengan upaya peningkatan jumlah Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah dan Aisyiyah di luar negeri.

“Kami akan kerja sama di antaranya dengan Al Azhar untuk membuka Prodi Bahasa Indonesia,” kata Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sofyan Hanif, di Kuala Lumpur, 17 September, seperti dilansir Antara.

Rencana peluncuran prodi Bahasa Indonesia, kata Sofyan, juga tidak lepas dari kebutuhan warga negeri setempat. Ia mengatakan, banyak orang Timur Tengah yang ingin belajar Bahasa Indonesia lantara mereka mempekerjakan tenaga dari Indonesia.

Selain di Mesir, Muhammadiyah juga tengah mengembangkan lembaga pendidikan di Australia dan Malaysia. Organisasi yang didirikan KH. Ahmad Dahlan ini bahkan telah memiliki aset di tenggara Australia.

“Di Melbourne kami sudah membeli tanah dan saat ini sudah didirikan TK,” katanya.

Ia juga mengemukakan munculnya ide untuk membuka Universitas Muhammadiyah di Perlis, negara bagian Malaysia. Namun apapun bentuk perluasan lembaga pendidikan itu, kata Ketua Panitia Muktamar Muhammadiyah 2020 ini, semua program internasionalisasi diharapkan mendapat dukungan dari amal usaha Muhammadiyah.[]

YS/Islamindonesia/Foto: Suara Muhammadiyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *