Satu Islam Untuk Semua

Friday, 20 October 2017

Muhammadiyah Ajak Tokoh Lintas Agama Aktif Redam Isu SARA


Muhammadiyah Ajak Tokoh Lintas Agama Aktif Redam Isu SARA

islamindonesia.id – Muhammadiyah Ajak Tokoh Lintas Agama Aktif Redam Isu SARA

 

Sekretaris Jenderal PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti menilai, tokoh-tokoh lintas agama memiliki peran yang sangat besar dalam menekan isu SARA, khususnya isu agama.

Menurutnya, hal ini sangat penting dilakukan menjelang tahun politik pada Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

“Diperlukan kerja sama lintas iman di antara para tokoh dan pemuka agama bahwa tidak ada penyalahgunaan agama kaitannya dengan politik,” ujar Mu’ti, seusai diskusi bertajuk “Islam and Democracy In Indonesia”, di Kampus Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, Kamis (19/10/2017).

Ia mengatakan, Indonesia merupakan bangsa yang relijius. Hal itu membuat isu-isu agama menjadi sesuatu yang sensitif dan berpotensi terus direproduksi sehingga menyulut munculnya berbagai masalah di masyarakat.

Sentimen agama yang dimanfaatkan tak melulu Islam, tetapi menyesuaikan agama di setiap daerah.

Para pemuka agama, kata dia, harus memberi pemahaman bahwa memilih keyakinan adalah hak masing-masing warga negara yang harus dihormati.

Keyakinan tersebut idealnya tak dimanfaatkan untuk kepentingan tertentu.

“Yang menjadi masalah adalah bagaimana orang menggunakan agama untuk kepentingan politik ini yang menjadi tantangan kita besama,” ujar Mu’ti.

Tak hanya peran para pemuka agama, masyarakat sipil juga diharapkan berperan agar terselenggara pemilu yang baik dan berkualitas.

“Peran masyarakat sipil ini semakin diperlukan dalam rangka Pilkada 2018. Di beberapa provinsi dan kabupaten/kota itu berjalan secara damai, berjalan secara berkualitas dan menghasilkan pemimpin yang terbaik untuk Indonesia di masa mendatang,” pungkasnya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *