Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 16 August 2018

Muchlis Sekeluarga Bersepeda Yogyakarta – Mekah untuk Haji


9786BB71-74D0-48A3-9258-B15996A69A4A

Islamindonesia.id-Muchlis Sekeluarga Bersepeda Yogyakarta – Mekah untuk Haji

 

Pria 47 tahun, Muchlis Abdullah, berangkat haji ke Mekah dengan menggunakan sepeda dari Yogyakarta, Indonesia. Uniknya lagi, Muchlis berangkat sekeluarga yang masing-masing juga menggunakan roda angin. 

Mereka yang ikut rombongan Muchlis adalah istrinya Julianti Husin (47 tahun) dan anak-anaknya: Mirza Hakim Muchlis (15 tahun), Ahmad Zaki Hafiz (11 tahun) dan Olivia Yumna (6 tahun). Khusus anak bungsu, Olivia, ikut di salah satu sepeda orang tuanya.

Menurut The Sun Daily, mereka telah mencapai Penang, Malaysia, pada 15 Agustus setelah menempuh tiga ribu kilometer dari Yogyakarta dalam satu setengah bulan. Karena itu, rombongan yang dikabarkan menargetkan haji pada tahun depan ini menyisakan sekitar sepuluh ribu kilometer lagi untuk mencapai Tanah Suci. 

“Sewaktu-waktu mereka juga dapat mengambil penerbangan jika butuh,” kata Mohammad Damhuri Mutalib, teman Muchlis di Malaysia kepada The Sun Daily. Damhuri mengantar rombongan di Penang hingga Gurun, Kedah sebelum mereka melanjutkan perjalanan dari Padang Besar ke Haadyai, Thailand.

Setelah Thailand, mereka kemungkinan akan melewati 11 negara lagi.  Muchlis sekeluarga berencana melewati Bangladesh, India, Pakistan dan Iran sebelum menyebrang ke jazirah Arab.

Muchlis dan keluarganya menambah catatan muslim Indonesia yang menempuh cara unik untuk mencapai Tanah Suci dalam rangka menunaikan ibdah haji. Dua tahun lalu, Mochammad Khamim, seorang Muslim Indonesia berjalan kaki lebih daripada sembilan ribu kilometer selama setahun dari Pekalongan, Jawa Tengah.

Menariknya, Khamim ternyata bisa tiba lebih cepat dari perhitungan matematis. Dalam hitung-hitungan jarak berjalan per hari, Khamim menargetkan akan tiba di Kota Mekah tanggal 30 Agustus 2017, atau sebelum Wukuf. Faktanya, dia lebih cepat sampai di Kota Mekkah dari yang diperhitungkannya.

Dalam postingan di Facebook, Kamis 27 Juli 2017, Khamim sudah berfoto dengan background Kakbah di Masjidil Haram dengan mengenakan pakaian ihram. Dalam postingan itu tertulis: Muhammad Khamim (28), pemuda asal Wonopringgo, Kab. Pekalongan yang berjalan kaki dari Pekalongan menuju Mekkah selama berbulan-bulan ini, alhamdulillah dia sudah sampai di Mekkah untuk menjalankan ibadah haji.

 

 

YS/EH/Islamindonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *