Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 11 February 2018

Muazin Tunisia Dilatih Vokal Di Sekolah Musik Formal


Muazin Tunisia Dilatih Vokal Di Sekolah Musik Formal

islamindonesia.id – Muazin Tunisia Dilatih Vokal Di Sekolah Musik Formal

 

Pemerintah Tunisia akan mengirim para muazin di negaranya belajar ke sekolah musik, Tunisians Rachidi Music Institute. Mereka diminta untuk belajar vokal di lembaga pendidikan musik formal.

Penyebabnya, pemerintah Tunisia menganggap para muazin kerap melantunkan azan tidak dengan benar. Selain itu, suara mereka tidak enak didengar, terutama saat berazan.

Bangun Identitas Tunisia

Menteri Agama Tunisia, Ahmed Adhoum, mengatakan pelatihan vokal tersebut dijalankan dengan tujuan agar para muazin melafalkan azan sesuai budaya Tunisia. Dia meyakini inisiatif unik ini akan memperkuat identitas Tunisia sebagai negara Muslim di kawasan Afrika Utara.

“Terlebih lagi, cara membaca Al-Quran kami cukup berbeda dari negara lainnya,” tambah Ahmed.

Direktur Institut Pendidikan Tinggi Akidah Universitas Al Zaytoonah, Al-Shadi Shoro, mengatakan tujuan dari inisiatif ini adalah untuk membangun identitas Tunisia. Kementerian Agama akan mengajarkan pengucapan makhraj yang benar kepada para muazin.

“Para muazin akan dilatih langsung oleh profesor fonetik dan musik terbaik. Usaha ini bukan untuk mengikuti tren baru azan,” kata Shoro.

Agar Azan Merdu Terdengar

Menurut Shoro, selama ini pemerintah menerima aduan dari masyarakat terkait azan yang dikumandangkan dengan suara kurang enak didengar. Selain itu, Kemenag Tunisia juga akan meninjau penggunaan pengeras suara di setiap masjid.

Shoro berharap suara azan tidak pecah dan nikmat didengar. Dia meyakini hal itu bisa memengaruhi umat untuk datang ke masjid.

“Kami ingin agar suara para muazin terdengar merdu sehingga bukan hanya umat Islam yang senang, tapi juga para turis bisa menikmati azan,” tambah Shoro.

Pada tahap pertama, prakarsa ini akan diadakan di sejumlah masjid besar di sekitar Ibu Kota Tunis. Nantinya, pelaksanaannya diperluas ke masjid-masjid di seluruh Tunisia.

***

Untuk mengatasi masalah serupa yang kerap terjadi di negeri kita, mungkin ada baiknya Indonesia mulai tiru langkah Tunisia.

 

EH / Islam Indonesia – Sumber: mynewshub.cc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *