Satu Islam Untuk Semua

Friday, 13 September 2013

MTQ Internasional Digelar di Istiqlal


Sebanyak 35 peserta dari 20 negara mengikuti Lomba MTQ Internasional kedua yang berlangsung di Masjid Istiqlal, Jakarta Kamis (12/09/13)

Acara ini digelar sejak tanggal 10 hingga 15 September mendatang yang memperlombakan 2 cabang yakni cabang hafalan 30 juz dan cabang tilawatil Quran.

Menurut keterangan Sekretaris Lomba, Syaifuddin, lomba MTQ international ini sempat vakum selama 10 tahun dari penyenggaraan awalnya tahun 2003 silam karena keterbatasan anggaran dari pemerintah.

“Penyelenggaraan Lomba MTQ yang pertama di tahun 2003, namun kegiatan ini vakum sampai saat ini baru bisa kembali dilaksanakan sebab saat itu keterbatasan anggaran dari pemerintah pusat. Tapi Insya Allah mulai tahun ini akan diadakan setiap tahun oleh Kementrian Agama”

Ia mengatakan akan berusaha menjadikan acara ini menjadi agenda tahunan bagi Kemenag dalam rangka mempererat silaturahmi dengan umat Muslim International.

“Karena dengan acara ini diharapkan negara kita dapat mempererat hubungan dengan kaum Muslim Internasional, disamping itu mereka dapat menjadikan Indonesia sebagai tempat wisata rohani”

Dalam lomba MTQ Internasional ini tidak setiap negara mengirimkan utusannya untuk berkompetisi di kedua cabang tsb. Seperti misalnya India yg mengirimkan dua pesertanya hanya utk cabang tilawah tanpa mengirim pesertanya di cabang hafalan 30 juz.

Sementara dari Indonesia diwakili oleh Jajang Hasanuddin dari DKI Jakarta untuk lomba hafalan 30 juz dan Duduy Sadullah dari Kepulauan Riau. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *