Satu Islam Untuk Semua

Monday, 03 February 2014

Mesir Seragamkan Tema Khotbah Jumat


BBC Indonesia

Sebagai bagian dari pengontrolan di tempat-tempat beribadah, pemerintah Mesir berlakukan aturan baru. Yakni mulai 31 Januari kemarin, seluruh masjid di Mesir hanya dibolehkan menyampaikan khotbah jumat dengan tema yang sama, sesuai yang ditentukan pemerintah.

Tema yang boleh digunakan dalam khotbah ini ditentukan oleh Kementerian Islam Mesir. Setelah disetujui, tema-tema tersebut kemudian diunggah di situs Kementerian Islam sebagaimana dilansir oleh BBC Indonesia.

Sementara itu, mengawali peraturan ini diberlakukan, tema khotbah yang diusung adalah mengenai pentingnya membangun kembali permukiman penghuni liar dan pentingnya membantu kaum papa.

Kementerian menegaskan bahwa masjid-masjid yang dioperasikan oleh lembaga nonpemerintah yang tidak mematuhi peraturan akan diawasi oleh kementerian.

Dalam pernyataan kementerian ini juga menegaskan imam yang mendukung Ikhwanul Muslim dalam khotbahnya akan menghadapi sanksi hukum.

Pihak berwenang, seperti dilaporkan oleh wartawan BBC bahasa Arab Ahmed Maher, mengatakan tugas khotib atau imam seharusnya terbatas pada masalah spiritual dan sosial, dan menjauhkan diri dari politik.

Penyeragaman tema khotbah Jumat merupakan salah satu dari sejumlah langkah pengontrolan atas tempat-tempat beribadah bagi pemeluk Islam.

Selain itu, pihak berwenang hanya mengizinkan ulama-ulama yang ditunjuk yang boleh menyampaikan khotbah. Ribuan masjid di Mesir juga telah ditutup.

Kalangan kritikus yakin langkah-langkah tersebut ditujukan kepada para ulama yang kritis terhadap pemerintah dukungan militer dan kebijakan-kebijakannya.

 

Sumber: BBC Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *