Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 21 April 2022

Menu Buka Puasa Super Enak dan Gratis di Kampung Ramadhan Masjid Jogokariyan


islamindonesia.id – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Jogokariyan sebuah kampung di sisi selatan Kota Yogyakarta, pada bulan Ramadhan ini kembali menyelenggarakan serangkain kegiatan yang dikemas dengan nama program Kampung Ramadhan Jogokariyan.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Takmir Masjid Jogokariyan ini sudah berlangsung sejak sepuluh tahun yang lalu.

Dengan kegiatan Kampung Ramadhan ini berbagai acara tidak hanya dirasakan di dalam masjid saja, namun juga melibatkan hampir semua warga Muslim di Kampung Jogokariyan.

Masjid dan Kampung Jogokariyan dengan berbagai kegiatan keagamaannya menjadikannya dikenal tidak hanya di Yogyakarta, tetapi juga di kalangan masyarakat Muslim di berbagai daerah di Tanah Air.

Banyak pengurus organisasi masyarakat dan takmir masjid dari berbagai daerah datang berkunjung sekaligus belajar di sini.

Pada Bulan Ramadhan misalnya, jemaah yang datang untuk beriktikaf bukan hanya warga Muslim di kampung sekitarnya, tapi juga datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Untuk keperluan itu karena terbatasnya tempat yang ada, seorang jemaah yang akan beriktikaf pada Ramadhan harus mendaftar terlebih dahulu jauh-jauh hari sebelumnya.

Pada Ramadhan tahun ini, ada satu hal lagi yang menarik dilakukan oleh takmir Masjid Jogokariyan yang mengundang perhatian dari masyarakat.

Tidak hanya mengumumkan daftar penceramah yang akan mengisi acara tausiyah pada saat menjelang salat Tarawih atau setelah salat Subuh, Takmir Masjid Jogokariyan juga memublikasikan ke masyarakat tentang menu buka puasa yang disiapkan untuk jemaah.

Setiap hari selama Ramadhan, Takmir Masjid Jogokariyan bersama jemaahnya menyediakan 3.000 porsi makanan takjil buka puasa bagi siapa saja yang hadir di masjid tersebut.

Hal yang menarik perhatian adalah daftar menu makanan cukup mewah yang disiapkan setiap harinya, sebagaimana diunggah pada akun Instagram@masjidjogokaryan pada Senin (4/4/2022).

Beragam menu takjil gratis yang cukup mewah itu seperti tongseng ayam, bakmoy daging sapi, bestik galantin, gulai ayam, semur ayam, sup kembang waru, opor ayam, hingga empal gentong.

Menu-menu unik tersebut yang menyerupai menu rumah makan dan di lokasi hajatan, tak ayal memancing riuhnya tanggapan netizen di dunia maya.

“Masya Allah menunya..,” komentar akun tvisuvius.

Tabarakallah.. orang-orang baik dan memakmurkan jemaah masjid memang nyata sekali di masjid ini,” ujar akun joorokdankotor.

“Masya Allah tabarakallah.. menunya enak-enak. Semoga yang makan menjadi tambah semangat tarawihnya,” tulis akun rheabahder.

EH/Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *