Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 13 May 2015

Menteri Kemaritiman Dukung Pembangunan Pembangkit Nuklir


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo mengisyaratkan dukungannya untuk pembangunan listrik tenaga nuklir yang sudah disusun sejak 10 tahun lalu dalam UU Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional.

Ia mengatakan dalam RPJMN 2005-2030 itu, pemerintah telah menyusun rencana pembangunan diversifikasi energi baru terbarukan termasuk nuklir. “Apalagi Malaysia juga kabarnya akan membangun nuklir juga di wilayahnya di Kalimantan,” katanya di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan teknologi nuklir saat ini “sangat aman” sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. “Yang di Fukushima (Jepang) itu kenapa sampai rusak bukan karena gempanya, tapi karena gelombang tsunaminya yang delapan meter itu,” katanya.

Ia mengatakan Indonesia tidak mau ketinggalan untuk bisa mengembangkan potensi energi nuklir di Tanah Air. Menurut dia, saat ini uji tapak tengah dilakukan di Bangka dan Jepara (Jawa Tengah) serta Kalimantan Timur. “Khusus Kalimantan Timur ini, Pak Awang Faroek (Gubernur Kaltim) yang menawarkan diri karena katanya tidak ada gempa di sana. Jadi sebenarnya tinggal mengatur teknologinya,” katanya.

MH/Geotimes.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *