Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 16 June 2019

Menlu Retno Tersenyum Menanggapi Sikap AS Terhadap Pemukiman Ilegal Israel


Islamindonesia.id-Menlu Retno Tersenyum Menanggapi Sikap AS Terhadap Pemukiman Ilegal Israel

Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi mengatakan hampir semua anggota Dewan Keamanan PBB menyampaikan prihatin terhadap pemukiman ilegal yang dibangun oleh Israel di wilayah Palestina. Demikian potongan kisah Menteri Retno ihwal dinamika 15 anggota DK PBB saat membahas pemukiman ilegal itu.

“Mereka semuanya satu suara dengan Indonesia,” kata mantan Duta Besar Indonesia untuk Belanda ini seperti dikutip majalah Tempo, Juni 2019

Namun ketika dikonfirmasi soal sikap Amerika Serikat yang berbeda dari mayoritas anggota lainnya, Menteri Retno hanya melempar senyuman. Sang Menteri juga enggan memberikan ketarangan dan sekali lagi hanya tersenyum ketika diminta tanggapannya ihwal keberatan Amerika terhadap pembahasan pemukiman ilegal itu. 

Bagi perempuan jebolan hubungan internasional UGM ini, Israel telah melanggar hukum secara nyata. Tindakan itu berupa pembangunan pemukiman ilegal secara terus menerus sehingga mengubah batas wilayah geografis.

“Pembangunan pemukiman baru ini pun selalu diikuti dengan pertambahan penduduk Israel,” kata Retno. “Kalau terus didesak, apa yang tersisa dari Palestina.”

Penilaian Retno bukan tanpa dasar. Ia mengatakan, pemukiman ilegal tidak sejalan dengan resolusi Dewan Keamaan PBB. 

“Jadi, ketika berbicara mengenai pemukiman ilegal, kami tidak ngarang,” tegasnya. 

Di antara pijakan yang masih jauh panggang dari api ialah Resolusi Dewan Keamanan PBB 446 pada 1980 hingga Resolusi Dwan Keamanan PBB 2334 pada 2016 serta kesepakatan Oslo (pembagian kekuasaan antara Palestina dan Israel yang dianggap sebagai titik awal perdamaian pada 1993).  Karena itu, lanjut Retno, Indonesia hanya mengingatkan karena sudah ada dasarnya.  “Tapi kenapa tidak dihormati?”

YS/Islamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *