Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 26 January 2021

Menlu Arab Saudi: Kami Mengulurkan Tangan ke Iran untuk Berdamai, Iran: Kami Menyambut Baik dan Siap Membantu Permasalahan Saudi


islamindonesia.id – Menlu Arab Saudi: Kami  Mengulurkan Tangan ke Iran untuk Berdamai, Iran: Kami Meyambut Baik dan Siap Membantu Permasalahan Saudi

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan al-Saud, pada Minggu (24/1) menyatakan bahwa negaranya siap untuk menyelesaikan perselisihan dengan Iran secara damai.

Informasi tersebut disampaikan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh, pada Senin (25/1), seraya menyambut baik pernyataan tersebut.

“Sepertinya para pejabat Saudi telah mulai mereformasi beberapa kebijakan mereka mengenai interaksi dengan beberapa negara pesisir Teluk Persia, setelah memahami bahwa perang dan pertumpahan darah tidak membantu mereka lagi, dan juga putus asa dengan mantan sekutu mereka,” kata Khatibzadeh dilansir dari Press TV.

Khatibzadeh juga menyampaikan, bahwa jika Riyadh secara serius menempatkan reformasi kebijakan dalam agendanya dan menyimpulkan bahwa solusi untuk masalah terletak pada “kerja sama regional”, Iran akan menjadi negara pertama yang menyambut reformasi ini, demikian sebagaimana dilaporkan oleh Tehran Times.

“Kami selalu menekankan bahwa negara-negara kawasan harus mencapai pemahaman yang sama mengenai masalah-masalah kawasan,” katanya, seraya menekankan bahwa pemahaman seperti itu akan membantu membangun “mekanisme yang aman” yang dapat menjaga keamanan kawasan.

Iran, lanjutnya, siap bernegosiasi dengan Arab Saudi jika itu dapat mengubah arah. Dia juga menambahkan bahwa Teheran siap untuk membantu permasalahan-permasalahan Saudi.

“Saudi mungkin memiliki beberapa permasalahan, dan omong-omong, kami menekankan bahwa kami perlu membicarakan masalah-masalah ini,” kata Khatibzadeh.

“Beberapa masalah mungkin merupakan ilusi yang membuka pintu ke kekuatan lain di kawasan ini, dan kami bahkan bersedia untuk membicarakan masalah tersebut,” pungkasnya.

Pernyataan dari sisi Iran ini muncul setelah Faisal bin Farhan mengatakan bahwa negaranya mengulurkan tangan ke Iran untuk berdamai.

PH/IslamIndonesia/Sumber: Middle East Monitor/Foto utama: Fatemeh Bahrami/Anadolu Agency

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *