Satu Islam Untuk Semua

Friday, 22 November 2013

Menkominfo RI Akan Evaluasi Operator Telekomunikasi


Operator telekomunikasi yang terbukti terlibat dalam proses penyadapan para pejabat tinggi Indonesia secepatnya akan ditutup. Demikian pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring seperti dikutip oleh Antara pada Kamis (21/11)

“Penyadapan oleh Australia merupakan isu yang sensitif dan jika ada operator telekomunikasi yang terbukti terlibat maka akan dikenakan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE),” katanya.

Tifatul menyebutkan bahwa dalam masalah penyadapan tersebut, selain produsen handset, operator adalah pihak yang paling dicurigai terlibat dan ikut bertanggungjawab, Terkait soal itu, Menkominfo mengatakan pihaknya telah memanggil sejumlah presiden direktur dari operator telekomunikasi untuk memberikan klarifikasi soal insiden itu. 

“Dalam seminggu ke depan kami akan segera mendapatkan laporan dari seluruh operator telekomunikasi Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, Kemkominfo juga rencananya akan melakukan audit terhadap semua operator telekomunikasi yang ada dan melakukan pengujian (audit) terhadap sistem perangkat dari operator apakah mengandung materi penyadapan seperi ‘back door’ atau ‘bot net’.

“Pemerintah melalui kementerian, meminta operator agar mengetatkan aturan terkait perlindungan data pelanggan, registrasi dan informasi pribadi,” kata Tifatul

Saat menyampaikan soal ini dalam konferensi pers yang dilangsungkan di kantor Kemkominfo, Tifatul didampingi oleh  beberapa perwakilan operator telekomunikasi yang ada di Indonesia. D antaranya  Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi, Presdir Telkomsel Alex Sinaga, Presdir Axis Eric Aas, Presdir Telkom Arif Yahya dan perwakilan dari operator lainnya.

Menanggapi pernyataan Menkominfo tersebut, Presdir Telkomsel Alex Sinaga menegaskan pihaknya siap memberikan klarifikasi dan diaudit.

“Kami setuju dengan apa yang kementerian minta yaitu memeriksa kembali semua proses dan standar kinerja. Kami sudah melakukan segalanya dengan baik. Kami ikuti semua standar seperti unsur keamanan sesuai ISO dan setiap tahun kami memperbaharuinya,” ungkapnya kepada para wartawan di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *